Baru Segini Yang Divaksinasi, Jubir Satgas Kabupaten Buru: Target Harian Belum Tercapai

by
Jubir Satgas Covid 19 Kabupaten Buru, Nani Rahim

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Buru, Nani Rahim menjelaskan hingga 3 Februari 2021, sebanyak 148 orang telah divaksinasi di Kabupaten berjuluk Bumi Bupolo itu.

Dirincikannya, 8 orang divaksinasi pada 30 Januari saat pencanangan yang terdiri dari pejabat publik bersama perwakilan organisasi profesi kesehatan, selanjutnya pada Selasa 2 Februari 31 orang SDM Kesehatan dan pada Rabu 3 Februari sebanyak 109 SDM Kesehatan.

Sementara jumlah SDM Kesehatan yang ditargetkan divaksinasi di Kabupaten Buru pada vaksinasi tahap pertama ini berjumlah 1.162.

“Totalnya sampai dengan tanggal 3 Februari itu 148 yang telah divaksinasi di Kabupaten Buru. Kalau untuk jumlah yang divaksin hari ini (Kamis) belum masuk datanya,,”tuturnya menjawab terasmaluku.com via seluler Kamis (4/2/2021) sembari menambahkan pelaksanaan vaksinasi ini baru dilakukan di tujuh puskesmas.

Dengan melihat jumlah yang telah divaksinasi itu, diakui Nani, target harian vaksinasi ini belum tercapai. Pasalnya, di Kabupaten Buru, targetnya dalam sehari 30 SDM Kesehatan divaksinasi per satu puskesmas.

Penyebab target itu belum tercapai karena banyak yang tidak lolos skrining karena memiliki penyakit yang memang tidak diperbolehkan untuk divaksin dan ada juga yang pernah terpapar Covid-19.

“Banyak yang tidak lolos, taregtnya satu puskesmas 30, tapi yang lolos hanya tujuh, delapan atau 10, lebih banyak yang tidak lolos. Karena semua yang diskrining itu belum tentu lolos, karena ada yang punya hipertensi, ada yang pernah terpapar covid, paling banyak itu 10 orang (yang lolos untuk divaksinasi) dari 30,”tandasnya. (Ruzady)