Basarnas Ternate Selamatkan Dua Nelayan di Perairan Jiko Halmahera Selatan

by
Tim SAR menyelamatkan dua nelayan bernama Tendu Goin (45 tahun) dan Burhan T. Goin (30 tahun) yang hilang di sekitar perairan Jiko, Halmahera Selatan (Halsel) pada Selasa (2/3) (ANTARA/Abdul Fatah)

TERASMALUKU.COM, TERNATE,- Kantor Pencarian dan Pertolongan Basarnas Ternate, Maluku Utara menyelamatkan dua nelayan bernama Tendu Goin (45 tahun) dan Burhan T. Goin (30 tahun) yang hilang di sekitar perairan Jiko, Halmahera Selatan (Halsel), Selasa.

Kepala Basarnas Ternate, Muhammad Arafah dihubungi dari Ternate, Selasa, menyatakan, Tim SAR GabunganĀ  menemukan kedua korban pada Koordinat 17 NM sebelah timur laut Pulau Tapat dalam keadaan selamat, korban kemudian di evakuasi ke RIB 01 Bacan sementara long boatĀ korban ditarik salah satu longboat milik masyarakat Desa menuju desa Jiko.

Dia menjelaskan, sekitar pukul 12.16 Wit, Tim SAR Gabungan tiba di Desa Jiko, Mandioli Selatan, selanjutnya korban diserahkan ke pihak keluarga.

Selanjutnya 13.10 Wit, Tim SAR gabungan bertolak dari Desa Jiko, Kecamatan Mandioli Selatan untuk kembali ke pelabuhan Panambuang Bacan.

Sebelumnya, di Kabupaten Halmahera Selatan, tim Basarnas dibantu personel Polairud berhasil menyelamatkan kapal nelayan berpenumpang enam orang mengalami mati mesin di perairan antara Pulau Kayoa dan Pulau Makian.

Saat ditemukan kapal ikan DKP DD sedang terombang ambing di atas laut dan tanpa penerangan (lampu) serta mesin kapal mati total, selanjutnya KKM Kn Sar 237 Pandudewanata membantu proses perbaikan mesin kapal korban.

Halaman Selanjutnya…