Bawa Narkoba, Penderita HIV Ditangkap di Pelabuhan Ambon

by
Kombes Pol. Muhamad Roem Ohoirat

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Aparat Direktorat Reserse Narkoba (Ditresnarkoba)  Polda Maluku menangkap  seorang warga berinsial IK karena kedapatan memiliki  dua  paket narkotika  golongan satu di Pelabuhan Yos Sudarso Ambon, Minggu (18/3).

IK tertangkap tangan saat menerima satu  paket berbentuk bulat dan setelah dibuka terdapat dua paket narkotika golongan satu bukan tanaman (sabu-sabu). Tersangka kemudian diamankan ke Kantor  Ditresnarkoba Polda Maluku  guna proses hukum.

Kabid Humas Polda Maluku Kombes Pol. Mohammad Roem Ohoirat dalam siaran persnya, Kamis (22/3) yang diterima Terasmaluku.com menyebutkan, dalam pemeriksaan di Ditresnarkoba Maluku tersangka IK mengungkapkan kalau  ia sudah didiagnosa terinveksi HIV sejak enam bulan.  “Pengakuan tersangka  IK,  bahwa pada saat tertangkap oleh personil  Ditresnarkoba Polda Maluku, dirinya sudah didiagnosa terinveksi HIV selama enam bulan,” kata Ohoirat.

Menurut Ohoirat, pengakuan tersebut dibuktikan dengan surat keterangan dari RSUD dr. M. Haulussy Ambon, tertanggal 12 Maret 2018. kalau IK terinveksi HIV.  Lalu bagaimana tindak lanjut proses penyidikan tersangka IK?.

Menurut Ohoirat  sesuai permohonan dari orang tua dan keluarga agar IK  dilakukan pengobatan serta adanya pernyataan jaminan dari keluarga terhadap tersangka, maka sesuai surat perintah pembantaran Ditresnarkoba Polda Maluku, 21 Maret 2018, tersangka   dibantarkan ke RSUD dr. Haulussy Ambon, atau berstatus tahanan di RSUD Ambon. “Tersangka IK berstatus tahanan di RSUD Ambon karena  yang bersangkutan menjalani perawatan setelah didiagnosa terinveksi HIV,” kata Ohoirat. (ADI)