Bawang Putih Tiongkok Tiba Di Mardika

by
Dua kontainer bawang putih asal Tiongkok tiba di Pelabuhan Yos Sudarso Ambon, Senin dan didistribusikan hari ini ke pasar, Selasa (21/5/2019). FOTO : Priska Birahy

TERASMALUKU.COM,-AMBON- Bawang Putih (Baput) impor dari Tiongkok akhirnya tiba di Pelabuhan Yos Sudarso Ambon Senin sore (20/5/2019). Sebanyak 29 ton Baput itu langsung dibongkar dan disalurkan ke pedagang di pasar.

Baput impor yang dijanjikan Kementrian Perdagangan RI itu diharapkan dapat menekan angka penjualan di tingkat pedagang. Dari pantauan wartawan, pada saat kedatangan baput Senin sore, harga di pasar berkisar Rp 35.000 hingga Rp 50.000 perkilogram.

Bawang putih impor asal Tiongkok tiba di Ambon

Usai tiba dengan dua kontainer dan disalurkan ke pedagang harga Baput berada pada level hijau seperti yang diharapkan Dinas Perdagangan dan Perindusterian Provinsi Maluku. “Kemarin di pasar masih dapat (Bawang Putih) Rp 50.000 perkogram. Sekarang sudah ada yang Rp 35.000 perkilogram,” kata seorang pengusaha katering Hanny Tien saat ditemui di Pasar Mardika Ambon, Selasa (21/5/2019).

Elvis Pattiselanno, Kepala Dinas Perindag Maluku saat proses bongkar baput di Pelabuhan Yos Sudarso menyakinkan kedatangan 29 Baput yang dipasok oleh UD.51. Itu mampu membawa harga pada level penjualan Rp 35.000.

loading...

Menurutnya pemerintah pusat telah meneken kerjasama dengan 8 importi Baput. Impor telah disesuaikan dan terbilang rendah. “Modalnya rendah jadi pedagang jual harus Rp 30.000 perkilogram atau paling tinggi Rp 35.000 perkilogram,” tegas Elvis.

Jika pedagang keukeuh menjual di atas harga itu, dia menjamin akan terjadi kerugian. Pasalnya modal yang dikeluarkan pedagang jauh lebih murah. Sebelumnya sudah ada 2 kontainer Baput yang masuk sebanyak 11 ton lebih.

Baput itu telah disalurkan ke kota kabupaten di Maluku. Kali ini fokus pendistribusian di Kota Ambon dan kota Kabupaten terdekat. Seperti di Pulau Buru dan Seram. Elvis optimistis harga normal kembali.

“Nanti dalam satu minggu kedepan akan masuk lagi. Stok untuk lebaran dan setelahnya kami jamin aman,” sebut Elvis. (PRISKA BIRAHY)

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *