Bea Cukai Ambon Kampanyekan Stop Rokok Ilegal

by
Petugas Bea Cukai Ambon melakukan aksi kampanye stop rokok Ilegal kepada pemilik kios di Ambon, Jumat (16/3). FOTO : ALFIAN SANUSI (TERASMALUKU.COM)

TERASMALUKU.COM,-AMBON- Bea Cukai Ambon bersama puluhan pengendara becak  menggelar aksi kampanye stop rokok Ilegal dengan menyusuri jalan-jalan di pusat Kota Ambon, Jumat (16/3). Kegiatan ini untuk memberikan edukasi serta pemahaman kepada masyarakat maupun pemilik toko tentang bahaya rokok Ilegal serta mengampanyekan untuk tidak menjual atau mengkonsumsi rokok Ilegal.

Dalam  kampanye tersebut pegawai Bea Cukai Ambon memberikan penjelasan  tentang bahaya rokok Ilegal. “Dimana ciri-ciri rokok ilegal itu sendiri adalah rokok yang tidak dilekati pita cukai, rokok yang dilekati pita cukai palsu, rokok yang dilekati pita cukai bekas, dan rokok yang dilekati pita cukai yang tidak sesuai dengan personalisasi dan peruntukannya,” kata Kepala Bea Cukai Ambon Yanti Sarmuhidayanti.

Menurut Yanti, selain memberikan edukasi mengenai rokok ilegal, Bea Cukai Ambon juga membagikan souvenir kepada masyarakat sekitar dan menempelkan stiker Stop Rokok Iegal di angkutan umum di Kota Ambon.

“Melihat respon positif yang ditunjukkan oleh masyarakat dalam aksi kampanye rokok ilegal, ini merupakan salah satu bentuk peran serta masyarakat dalam mendukung program pemerintah untuk memerangi peredaran rokok ilegal,” katanya.

Ia menambahakan, Bea Cukai Ambon berkomitmen terus melakukan aksi sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat dalam wilayah pengawasan Kantor Bea Cukai Ambon baik dalam bentuk operasi pasar maupun kampanye langsung untuk  mencegah masuk dan beredarnya rokok Ilegal di Kota Ambon dan sekitarnya. (IAN)