Bea Cukai Tindak Gerai Minuman Beralkohol di Ambon

by
Petugas Bea Cukai Ambon dan Maluku menyegel tempat penjualan minuman beralkohol di sebuah supermarket ternama di Kota Ambon karena melakukan pelanggaran Bea Cukai, Kamis (12/3/2020). FOTO : PRISKA BIRAHY

TERASMALUKU.COM,AMBON, – Sebuah gerai penjualan minuman mengandung Etil Alkohol (MMEA) diketahui melakukan pelanggaran Bea Cukai. Petugas Bea Cukai Ambon dan Maluku yang mendatangi Gerai minuman di salah satu pusat perbelanjaan ritel di Kota Ambon itu diketahui tidak melalukan pencatatan barang kena cukai. Hal diatur dalam Pasal 16 ayat 2 UU No.39 Tahun 2007 tentang Cukai.

 

Tanda segel dari Bea Cukai Ambon di gerai minuman beralkohol

“Pengusaha Tempat Penjualan Eceran (TPE) tidak melakukan Pencatatan. Bea Cukai Ambon bersinergi dengan Bea Cukai Maluku melakukan penindakan Barang Kena Cukai (BKC),” jelas Kepala Bea Cukai Ambon, Saut Mulia, Kamis (12/3/2020).

Barang bukti berupa 44 Botol MMEA Gol. B dan C berbagai merek, disamping itu terdapat Pengusaha TPE yang menjual MMEA Gol. B & C namun tidak memiliki izin berupa NPPBKC yang melanggar Pasal 14 ayat (1) UU No.39 tahun 2007 tentang Cukai dan diamankan barang bukti 12 Botol MMEA Gol. B dan C Berbagai Merek.

Loading...

Adapun pelanggaran lainnya yaitu Pengusaha TPE yang tidak melakukan pencatatan dan adanya pengakutan BKC MMEA tidak dilindungi dengan dokumen cukai (CK-6) yang melanggar Pasal 16 ayat 2 dan Pasal 27 ayat (2) UU No.39 Tahun 2007 tentang Cukai beserta barang bukti yang diamankan 1.788 Botol MMEA Gol. B dan C Berbagai Merek. “Tercatat sampai dengan bulan Februari telah melakukan penindakan di 3 (tiga) tempat Pengusaha BKC,” lanjut Saut.

Petugas Bea Cukai Ambon menandatangani berita acara penyegelan

Dia menambahkan Informasi mengenai adanya pelanggaran tersebut didapat dari pengumpulan informasi dan analisa yang merupakan hasil sinergi antara Bea Cukai Ambon dan Kanwil Bea Cukai Maluku yang menjalankan fungsi sebagai Community Protector dalam mengawasi kepatuhan dari pengguna jasa dalam menjalankan kegiatannya.

Pihaknya berharap dengan kegiatan pengawasan yang dilaksanakan secara rutin, dapat meminimalisir peredaran BKC ilegal di wilayah pengawasan Bea Cukai Ambon serta dapat meningkatkan tingkat kepatuhan di bidang Cukai bagi Pengusaha BKC, karena Legal itu Mudah. (PRISKA BIRAHY)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *