Begini Alasan Ketua Gustu Kota Ambon Larang Bagi Masker

by
Ketua Gugus Tugas Kota Ambon Sayarif Hadler saat memberikan alasan larangan bagi masker kepada masyarakat, (16/9). FOTO: Priska Birahy

TERASMALUKU.COM,AMBON, – Ketua gugus tugas penanganan Covid-19 Kota Ambon, Syarif Hadler memberikan alasan di balik larangan bagi-bagi masker pada apel kemarin (15/9/2020) pagi.

Menurutnya larangan itu mengedukasi masyarakat agar tidak lalai dalam menjalankan protokol kesehatan. “Saya sampaikan kepada tim pengendali di lapangan tidak usah bagi masker. Yang tidak pakai masker dalam operasi di lapangan langsung ditindak,” jelasnya usai membuka Launching bantuan sosial beras oleh Bulog di gudang Bulog Halong pagi tadi, (16/9/2020).

Syairf melanjutkan jika membagikan masker, maka masyarakat akan terus beralasan tiap kali ditindak. Sebelumnya, saat penindakan kepatuhan memakai masker yang kedapatan tidak bermasker akan diarahkan membeli masker atau diberikan masker oleh pemerintah.

Loading...

Namun kali ini pihaknya ingin lebih tegas dan serius. Masyarakat harus bertanggung jawab secara sadar terhadap kesehatan dirinya. Yakni dengan tetap memakai masker.

“Kalau tidak ada 1001 macam alasan akan disampaikan oleh masyarakat. Bahwa tidak bawa masker, lupa pakai masker. Sudah cukup kita bagi masker. Selanjutnya tindakan dan sanksi” tegasnya.

Sementara itu saat ditanyai terkait pembagian masker di pasar Mardika dan Transit Passo di hari yang sama oleh instansi pemerintah Syarif memberikan tanggapannya. Menurutnya larangan tidak memakai masker yang dilontarkan saat apel pagi itu lebih kepada tim pengendali kota yang akan turun ke lapangan.

“Saya kira ini kebijakan institusi ya. Ini bukan larangan yang tertulis begitu. Tapi intinya instansi manapun yang membagikan masker tujuannya masyarakat harus diedukasi. Baik dengan membagi masker ataukah operasi yustisia,” jelasnya. (PRISKA BIRAHY)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *