Begini Cara Babinsa Kodim Ambon Jaga Situasi Keamanan di Daerah Binaanya

by
Babinsa Kodim Ambon melakukan anjangsana kepada warga di Dusun Warasia Desa Batu Merah Kota Ambon, Minggu (23/6/2019). FOTO : PENREM 151/BINAIYA

DALAM rangka menjaga stabilitas keamanan yang ada di wilayah Binaannya, Bintara Pembina Desa (Babinsa) aktif melaksanakan anjangsana atau kunjungan, melakukan komunikasi sosial (Komsos) serta kegiatan pembinaan teritorial (Binter) kepada warga binaanya.

Kegiatan ini dilakukan Babinsa Dusun Muhajirin, Serda Hasnang. Hasnang anggota Babinsa jajaran Kodim 1504/Ambon melaksanakan anjangsana ke tokoh adat dan tokoh masyarakat di Dusun Muhajirin Kota Ambon, Minggu (23/6/2019). Hasnang mengatakan dengan anjangsana ini diharapkan tercipta komunikasi aktif antara Babinsa dengan warga binaannya.

Tidak hanya Serda Hasnang, kegiatan serupa juga dilalukan Babinsa Dusun Warasia Desa Batu Merah Kopda Iskandar Hatuina. Ia melakukan anjangsana ke tokoh masyarakat di dusun ini. Anjangsana merupakan cara dan sarana untuk mempererat hubungan silaturahmi antara Babinsa dengan warga di wilayah binaan.

“Dengan bersilaturahmi maka Babinsa dapat memanfaatkan potensi wilayah, salah satunya dengan membentuk jaring teritorial sebagai mitra kerja dilapangan, baik bersifat formal maupun non formal untuk mempermudah dalam mendukung tugas-tugas Babinsa,” ujar Serma Rizal Batiter Kodim 1504/Ambon.

Dalam pelaksanaannya, Babinsa langsung bertatap muka dengan masyarakat. Pada dialog tersebut berbagai macam pembahasan yang dibicarakan diantaranya kebersihan lingkungan dan keamanan desa. Para Babinsa akrab melakukan komunikasi dengan warga saat ajangsana tersebut.

“Hal seperti inilah yang sangat diperlukan oleh Babinsa untuk mengetahui segala permasalahan yang terjadi serta membantu memecahkan segala masalah maupun kendala yang mungkin terjadi di wilayah desa binaan,” sambung Serma Rizal.

Rizal juga mengatakan Binter bisa berjalan karena ada masyarakat yang membantu Babinsa. “Dan tentunya aktifitas masyarakat bisa berjalan aman, nyaman dan damai dengan  kehadiran Babinsa di tengah-tengah masyarakat desa binaannya,” kata Serma Rizal. (ADV)

loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *