Begini Cara BI Maluku Bantu Pelaku Usaha Yang Terdampak Pandemi Covid-19

by
BI Maluku secara simbolis menyerahkan paket bantuan sembako kapad warga Kota Ambon, Selasa (8/9/2020). FOTO : HUMAS BI MALUKU

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Bank Indonesia (BI) Maluku punya cara tersendiri dalam membantu pelaku usaha yang terdampak pandemi covid-19 di Maluku.

Salah satunya dengan membeli produk perikanan dan pertanian dari pelaku usaha lokal di Ambon, Maluku. Produk yang dibeli tersebut kemudian dijadikan paket bantuan sembako untuk selanjutnya diberikan kepada masyarakat.

BI Maluku memberikan dukungan sosial kepada masyarakat dan pelaku usaha dalam bentuk pemberian bantuan sembako sebanyak 300 paket yang diserahkan secara simbolis di Kantor BI Maluku, Selasa (8/9/2020),

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Maluku, Noviarsano Manullang mengatakan, bantuan paket sembako kali ini berbeda dengan sebelumnya. Jika sebelumnya paket sembako berupa bahan makanan kering, maka kali ini bantuan yang diberikan berupa bahan makanan yang diproduksi oleh masyarakat setempat seperti petani dan nelayan.

Apalagi menurutnya akibat pandemi covid-19, banyak masyarakat hingga pelaku usaha terdampak secara ekonomi. Sehingga langkah yang dilakukan BI Maluku ini diharapkan dapat menyerap produk pelaku usaha lokal.

Loading...

“Bantuan yang diberikan kali ini berbeda dengan yang sebelumnya. Paket sembako juga berisi ikan yang berasal dari keramba-keramba nelayan yang berada di Ambon. Dengan membeli ikan ini diharapkan dapat mendukung produk ikan yang melimpah sehingga dapat menyerap produksi ikan-ikan yang berlimpah saat ini. Di sisi lain masyarakat penerima bantuan dapat memperoleh produk bergizi yang lebih baik di tengah pandemi,”jelas Manullang dalam siaran pers BI yang diterima Terasmaluku.com, Selasa (8/9/2020).

Manullang mengatakan bantuan sembako ini lansung disalurkan kepada masyarakat penerima. Manullang berharap, di tengah  pandemi covid-19 ini, roda perekonomian UMKM juga perlu didukung untuk bergerak. Sehingga lanjutnya, diharapkan pemberian bantuan kedepan dapat memprioritaskan produk-produk lokal Maluku.

Bantuan sosial kali ini lanjut Manullang merupakan yang ketiga kalinya yang diberikan oleh Bank Indonesia di Provinsi Maluku sejak April 2020. Di awal pandemi, bantuan difokuskan untuk mendukung penanganan covid-19 berupa pemberian 120 set lengkap alat kesehatan kepada Gugus Tugas Provinsi Maluku pada bulan April 2020.

Selanjutnya pada bulan Mei 2020 sebagai bentuk dukungan jaring pengaman sosial pemerintah, Bank Indonesia memberikan bantuan sembako kepada masyarakat di Provinsi Maluku berupa paket sembako sebanyak 300 paket yang terdiri dari beras, minyak goreng, gula, tepung hingga telur dan sarden. (Ruzady Adjis)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *