Begini Kesiapan Maluku Untuk Vaksinasi Covid

by
Kadis Kesehatan Maluku dr. Meikal Pontoh. FOTO : ISTIMEWA

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Maluku, dr. Meikal Pontoh memastikan Maluku sudah siap untuk pelaksanaan vaksinasi covid.

Baik itu dari segi tenaga kesehatan yang akan melakukan vaksinasi atau vaksinator, rantai dingin distibusi vaksin hingga fasilitas kesehatan.

Loading…

Terkait tenaga kesehatan, kata Pontoh sebanyak 150 tenaga kesehatan perwakilan dari 11 kabupaten/kota di Maluku telah merampungkan pelatihan ToT atau Training of Trainer untuk imunisasi vaksin covid. Mereka dilatih langsung oleh Kementerian Kesehatan RI secara virtual.

Setelah mengikuti pelatihan, 150 tenaga kesehatan ini akan melatih lagi rekan-rekan mereka di masing-masing kabupaten/kota.

“Dari bulan lalu itu sudah dilakukan ToT atau pelatihan nanti dia (tenaga kesehatan yang telah dilatih) pulang ke daerah dia melatih lagi teman-temannya disana. Itu ada 150 orang dari 11 kabupaten/kota di Maluku,”jelas menjawab Terasmaluku.com, Selasa (22/12/2020).

Sementara rantai dingin distribusi vaksin covid, disebutnya juga sudah siap. Kesiapan pelaksanaan vaksinasi covid di Maluku ini telah ditinjau oleh Sekjen Kemenkes beberapa waktu lalu.

Pihak perhubungan juga telah memastikan siap membackup proses distribusi vaksin covid mengingat karasteristik wilayah Maluku yang berupa pulau-pulau.

“Insya Allah kita sudah siap. Kemarin Pak Sekjen (Kemenkes) juga datang untuk melihat kita punya kesiapan terhadap pelaksanaan vaksinasi tersebut. Saya bilang kita kan daerah kepulauan jadi kayaknya kita butuh satu kebijakan dari Kementerian Perhubungan itu agar membackup petugas kesehatan dalam mendistribusikan vaksin-vaksin ini. Ternyata kata Kadis Perhubungan, sudah ada surat dari Kementerian Perhubungan mendukung distribusi vaksinasi ini dan Dinas perhubungan juga sudah menginstruksikan ke Dinas Perhubungan Kabupaten/Kota agar membackup kesehatan melakukan pendistribusian. Jadi Insya Allah semua persiapan sudah siap, tinggal menunggu vaksin,”bebernya.

Maluku mendapatkan jatah sebanyak 1,1 juta vaksin yang nantinya dikirim ke Provinsi untuk selanjutnya Provinsi yang akan membagi ke 11 kabupaten/kota.

Hanya saja, kepastian kapan vaksinasi covid ini bisa berjalan, diakui Pontoh hal itu masih menunggu keputusan dari pemerintah pusat. “Kita masih menunggu dan mungkin karena ini sesuatu yang baru ya, vaksinnya yang baru tentunya tidak gegabah pemerintah,”tandas Pontoh. (Sofyan Kastela)