Beginilah Kemeriahan Festival Pesona Bupolo 4 di Pantai Jikumerasa

by
Sekda Buru, Ahmad Assagaff memukul tifa tanda membuka kegiatan perlombaan dalam event Festival Pesona Bupolo 4 di Pantai Wisata Jikumerasa Kabupaten Buru, Minggu (13/10/2019). FOTO : ADI (TERASMALUKU.COM)

TERASMALUKU.COM,-NAMLEA-Kemeriahan terjadi di Pantai Wisata Jikumerasa Kota Namlea Kabupaten Buru di hari pertama event wisata Festival Pesona Bupolo 4 Tahun 2019, Minggu (13/10/2019). Ribuan warga dari kecamatan se Kabupaten Buru memadati pantai wisata terbaik di Pulau Buru itu.

Lomba pada event Festival Pesona Bupolo 4 di Pantai Jikumerasa, Minggu (13/10/2019).

Selain menyaksikan berbagai kegiatan dan atrasi seni budaya, warga dari berbagai desa di Buru itu juga mengikuti lomba dalam Festival Pesona Bupolo 4. Kegiatan berbagai lomba ini dibuka Sekda Buru, Ahmad Assagaff yang didampingi Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Buru, Istanto Setyahadi.

Sekda saat membacakan sambutan Bupati Buru Ramly Umasugi mengatakan festival ini menjadi aging untuk mempromosikan potensi wisata unggulan di Kabupaten. Event tahunan ini juga mampu menarik kunjungan wisatawan ke Buru.

“Kabupaten Buru di tahun ini terus mendorong peningkatan investasi sektor wisata dimana wilayah Kecamatan Lilialy dan Jikumerasa menjadi salah satu wilayah bersama wilayah lainnya sesuai rencana Induk Pengembangan Parawisata Daerah Kabupaten Buru. Dan event Festival Pesona Bupolo mejadi salah satu kekuatan kita mempromosikan pariwisata Buru,” kata Bupati dalam sambutan tersebut.

Festival Pesona Bupolo ke-4  yang dibuka Bupati Buru, Ramly Umasugi pada HUT Kabupaten Buru, Sabtu (12/10/2019) ini mengusung tema “a piece of heaven from molucca” atau sepenggal surga di Maluku. Berbagai kegiatan lomba digelar saat hari pertama Festival Pesona Bupolo yang dipusatkan di Pantai Jikumerasa.

Loading...

Terik matahari tak menyulutkan antusias ribuan warga menyaksikan berbagai atraksi dan perlombaan. Sejumlah pimpinan OPD lingkup Pemkab Buru, anggota DPRD Buru, dan anggota DPRD Maluku Dapil Buru, Azis Hentihu ikut bersama warga menyaksikan berbagai lomba.

Pejabat Kementerian Desa dan Transmigrasi, Dinas Pariwisata Provinsi Maluku, dan pengusaha luar negeri yakni, Buya Aqil Tahir Hasan dari Saudi Arabia, Tan Sri Abdul Rahman bin Abdul Hamid dari Malaysia, Mr.Zahra Mammad dari Maroko juga menyaksikan kemeriahan dan keindahan Pantai Wisata Jikumerasa itu.

Berbagai kegiatan itu yakni, atraksi bambu gila, lomba panggayong perahu semang, lomba lari tampurung, lomba belah dan sisi kelapa, makan patita dan lomba lari kaki setang. Salah satu perlombaan yang mendapat perhatian ribuan warga adalah lomba panggayong perahu belang di pantai wisata itu.

Pantai Wisata Jikumerasa Buru, saat lomba event Festival Pesona Bupolo 4, Minggu (13/10/2019).

Sebelum digelar berbagai lomba dilakukan pengukuhan Generasi Pesona Indonesia (Genpi) Kabupaten Buru oleh Ketua Genpi Maluku, Marthen Reasoa. Usai dari Pantai Jikumeras, juga digelar stary telling tentang Pulau Buru di seputaran Tugu Tani Kota Namlea.

Pada Senin (14/10/2019) akan dilakukan transplantasi terumbu karang, dan makan patita di Pantai Jikumerasa dan final story Telling di Tugu Tani. “Kemudian dilajutkan dengan penutupan Festival Pesona Bupolo dengan malam penggalangan dana bagi korban gempa Maluku dan tarian seni budaya,”kata  Istanto. (ILA)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *