Belum Ada Rumah Singgah, Gepeng Di Ambon Bertambah Saat Ramadan

by
Gelandangan dan pengemis di Kota Ambon merupakan PR besar Dinsos, lantaran belum ada rumah singgah dan pembinaan bagi mereka (15/5). FOTO: jogjapolitan

TERASMALUKU.COM,AMBON,-Memasuki bulan Ramadan Gembel dan pengemis (Gepeng) di Kota Ambon semakin bertambah. Namun penanganan terkait persoalan gepeng ini tak pernah selesai.

Hal tersebut lantaran di kota Ambon sampai dengan saat ini belum juga ada rumah singgah yang dibangun untuk pembinaan mereka. Padahal di hampir tiap kafe di jalan utama kota seperti di kawasan Jalan Sam Ratulangi dan A.Y Patty gepeng berkeliaran.

“Penanganan gepeng di kota Ambon masih terkendal rumah singgah, sehingga kita masih bingung untuk pembinaan mereka,” kata Kepala Dinas Sosial Kota Ambon Nurhajati Jasmin kepada wartawan, Selasa (14/5/2019).

Dia mengaku, razia yang dilakukan oleh dinas sosial sampai dengan saat ini menjadi sia-sia karena tidak ada tempat penampungan untuk para gepeng. “Razia kita selama ini kepada mereka selalu mubazir karena tidak ada tempat penampungan,” katanya.

Menurutnya, jika ada rumah singgah untuk mereka, maka pemerintah bisa membuat pembinaan atau pelatihan buat mereka agar ketika keluar sudah tidak lagi menjadi gepeng.”Kalau ada tempat pembinaan, mereka bisa berguna dan tidak lagi jadi pengemis,” ujarnya.

Dia mengatakan, saat ini pihaknya masih kesulitan terhadap anggaran untuk pembangunan rumah singgah tersebut. Dia berharap, secepatnya bisa ada anggaran untuk pembangunan rumah singgah tersebut.

“Mudah-mudahan rumah aman itu cepat ada agar kita bisa menangani kasus-kasus tentang mereka di Kota Ambon,” katanya. (ALFIAN SANUSI)

loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *