Beralih ke Gaya Hidup Serba Listrik Bantu Jaga Bumi

by

TERASMALUKU.COM, AMBON, – PT. PLN tengah gencar mengkampanyekan gaya hidup serba listrik, atau electrifying lifestyle. Penggunaan sumber daya listrik dalam keseharian dipatok bakal jadi cara menjaga ketersediaan dan menghemat energi.

BACA JUGA : PLN Beri Bantuan Senilai Rp 70 Juta Dukung Fasilitas Pendidikan di SD Negeri Karang Jaya Namlea

General Manager PT. PLN Unit Induk Wilayah Maluku dan Maluku Utara, Adams Yogasara menjelaskan potensi Maluku dalam menyambut gaya hidup serba listrik ini.

“Gaya hidup yang pakai peralatan serba listrik. Mulai dari bangun tidur sampai tidur lagi semua pake listrik. Ini salah satu wujud kita manfaatkan energi yang ramah lingkungan,” kata Adams dalam talkshow bersama Terasmaluku.com di ruangannya, Senin (10/5/2021) pagi.

Menurut Adams keseharain kita sebagian besar sudah diisi dengan energy listrik. Seperti aktivitas mengisi daya hape hingga persoalan kendaraan. Seperti yang baru berlangsung beberapa waktu lalu, peresmian stasiun pengisian kendaraan listrik umum (SPKLU).

Proyeksi jangka panjang yaitu lahirnya ekosistem yang mendukung d Kota Ambon. “Soal pasokan listrik sudah mendukung dan juga bisa untuk masyarakat dan investor,” lanjut dia.

Lalu seperti apa keuntungan dari gaya hidup serba listrik. Menurut Adam electricity lifestyle jadi salah satu cara kita menjaga bumi. Yakni dengan menghemat energi dan memanfaatkan energi terbarukan.

Contoh nyata yaitu mengganti motor berbahan BBM dengan energi listrik. “Jadi tidak ada lagi emisi yang keluar di situ,” terangnya.

Di samping itu PLN juga telah mengkampanyekan mengenai pengalihan bahan bakar rumah tangga. Dari kompor mitan ke kompor induksi.

Kompor induksi beri banyak penghematan. Penggunaan kompor induksi untuk 1 liter air hanya memakan biaya listrik Rp 158 rupiah.

Hal itu jelas memberikan keuntungan bagi negara. Dengan menggunakan kompor induksi kita bisa mengurangi impor LPG dari luar. (PRISKA BIRAHY)