Beri Bantuan Modal Usaha ke Nelayan Dan Pedagang Leihitu, Presiden Jokowi : Jangan Beli Handphone Ya

by
Foto: Presiden RI, Joko Widodo dan Raja Negeri Hitu Lama, Salhana Pelu saat di depan Rumah Raja, Kamis (25/3/2021). FOTO : TANGKAPAN LAYAR

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Di sela kunjungannya di Negeri Hitu Kecamatan Leihitu Kabupaten Maluku Tengah, Provinsi Maluku, Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) memberikan bantuan modal usaha secara langsung kepada masyarakat pedagang dan nelayan setempat, Kamis (25/3/2021).

Kepala Negara berharap bantuan yang diberikan itu tidak dipakai untuk membelikan handphone.

Bantuan ini diserahkan Presiden Jokowi usai meninjau vaksinasi massal bagi lansia, tokoh masyarakat, tokoh agama dan pelayanan publik di rumah raja Negeri Hitu

Melalui tayangan chanel youtube Istana Kepresidenan, Presiden Jokowi berdialog dengan sejumlah masyarakat di Pelabuhan Hitu usai meninjau vaksinasi massal di rumah raja Hitu. Profesi mereka adalah sebagai nelayan dan pedagang.

Dalam dialog tersebut, warga nelayan dan pedagang ini mengaku kesulitan hidup di tengah pandemi Covid-19. Mereka langsung meminta bantuan rompong atau rumpon, salah satu jenis alat bantu penangkapan ikan yang dipasang di laut dangkal maupun laut dalam.

“Harganya sekitar tujuh sampai delapan juta pak (Presiden),” timpal salah satu nelayan menjawab pertanyaan Jokowi.

Rumpon adalah karang buatan yang dibuat warga sebagai tempat berkumpul ikan.

“Rompong ini biasa dipasang di laut, sekitar 500 meter (dari tepi pantai). Nanti dipasang lampu biar ikan mendekat,” kata Bupati Maluku Tengah Abua Tuasikal kepada Presiden saat dialog tersebut.

Selain warga nelayan, para pedagang di sana juga mengaku kesulitan dan memohon batuan dari Presiden.

Mendengar keluhan rakyatnya, Presiden Jokowi langsung memberikan bantuan kepada sejumlah masyarakat nelayan dan pedagang. Ia memberikan tas parcel kepada masyarakat nelayan dan pedagang tersebut.

Belum diketahui dalam tas itu berisi apa. Namun setelah tas itu diberikan Jokowi mengaku untuk menambah modal usaha atau dagangan.

“Jangan dibelikan handphone. Awas kalau ada yang belikan handphone dari sini saya ikuti,” kata Jokowi tersenyum.

Kunjungan Presiden ke Hitu merupakan rangkaian kunjungan Kepala Negara selama dua hari di Maluku. Dari Hitu, Presiden kemudian menuju Rumah Makan Apong Wayame Kota Ambon untuk santap siang sebelum terbang ke Jakarta. (HUS)