Beri Kuliah Umum di Unpatti, Kapolda Baca Maklumat Kebhinekaan

by

AMBON-Kapolda Maluku Brigjen Ilham Salahudin menyampaikan kuliah umum di Kampus Universitas Pattimura (Unpatti) Ambon, Jumat (25/11). Diakhir kuliah umumnya, Kapolda membacakan maklumat yang ditandatangani Pangdam 16 Pattimura Mayjen TNI Doni Monardo dan Kapolda Maluku, terkait himbauan bagi masyarakat Maluku untuk Kebhinekaan. Maklumat ini dibacakan Kapolda dihadapan Rektor Unpatti Prof. Dr. MJ.Sapteno, para dekan dan ratusan mahasiswa peserta kuliah umum di aula Rektorat.
Maklumat atau himbauan Kebhinekaan itu berisi delapan poin yang menyebutkan, kondisi Kamtibmas di Maluku saat ini sudah semakin membaik, namun TNI dan Polri menghimbau masyarakat untuk, menjaga dan merawat suasana damai dan rukun antar umat beragama dan orang basudara. Senantiasa mengusung kearifan lokal berbasis budaya Siwalima yakni, orang Islam dan Kristen saling membutuhkan untuk keharmonisan dan kemakmuran bersama.
Menghormati hak – hak asasi dan kebebasan orang lain serta aturan – aturan moral yang diakui umum. Mentaati hukum dan ketentuan Peraturan Perundang – Undangan dengan tidak memberikan pembelaan/ dukungan terhadap seseorang/pihak yang nyata-nyata terbukti melanggar hukum dan ketertiban umum. Maklumat lain menyebutkan, masyarakat dihimbau menjaga dan menghormati keamanan dan ketertiban umum.
Menjaga keutuhan persatuan dan kesatuan bangsa. Tidak terpengaruh adanya isu – isu negatif maupun situasi dan kondisi yang berkembang di wilayah lain serta tidak menyampaikan/memposting berita – berita yang tidak benar/belum pasti kebenarannya baik lisan, tulisan maupun elektronik.
Bagi oknum yang terindikasi melakukan tindakan yang mengarah pada perbuatan makar maupun perbuatan yang menggunakan dalih agama sehingga dapat menyebabkan terganggunya keamanan di dalam masyarakat, maka TNI dan Polri akan melakukan tindakan tegas sesuai dengan Peraturan Perundang – Undangan yang berlalu.
Diakhir maklumat Pangdam dan Kapolda, juga disebutkan, Maluku Tanpa Agama Islam, Bukan Maluku. Maluku Tanpa Agama Kristen Bukan Maluku. Maluku tanpa Agama Hindu, bukan Maluku. Dan Maluku Tanpa Agama Budha, Bukan Maluku. Kapolda menyatakan, maklumat ini merupakan penjabaran dari maklumat Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo dan Kapolri Jenderal Pol.Tito Karnavian. “Maklumat ini terus disosialisasikan kepada seluruh masyarakat luas. Kita juga sudah sampaikan maklumat ini dan pasang di tempat – tempat umum,” kata Kapolda.
Dalam kuliah umum ini, selain menjelaskan soal tugas pokok dan fungsi Polri kepada mahasiswa, Kapolda juga memberikan motivasi kepada mahasiswa agar giat belajar, berprestasi untuk mencapai kesuksesan nanti. “Kami, Rektor dan pejabat lainnya di Maluku tidak lama lagi akan mengakhiri tugas. Kepemimpinan dan masa depan Maluku ada ditangan kalian, para mahasiswa generasi emas Maluku kedepan. Karena itu belajarlah dengan baik sehingga mencapai kesuksesan,” kata Kapolda yang disambut tepuk meriah mahasiswa. Ikut bersama Kapolda dalam kuliah umum ini, para pejabat utama Polda dan Kapolres Pulau Ambon dan Pulau –Pulau Lease AKBP Harold Huwae. Sementara itu, Rektor Unpatti memberikan apresiasi atas kuliah umum Kapolda ini. Ia berharap Kapolda tidak bosan – bosan memberikan kuliah umum bagi mahasiswanya. “Kami berharap ini kuliah umum ini juga bisa digelar waktu – waktu mendatang,” katanya. ADI