Beri Kuliah Umum di Unpatti, Menteri Keuangan Tantang Mahasiswa Jadi Orang Sukses

by
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati memberikan kuliah umum di Auditorium Kampus Universitas Pattimura (Unpatti) Ambon, Rabu (7/3). Sri Mulyani adalah Menteri Keuangan pertama yang mengungi Unpatti dan Maluku setelah Indonesia merdeka. FOTO : (TERASMALUKU.COM).

TERASMALUKU.COM,-AMBON- Menteri Keuangan RI Sri Mulyani Indrawati memberikan kuliah umum kepada civitas akademika di Auditorium Kampus Universitas Pattimura (Unpatti) Ambon, Rabu (7/5) siang. Menteri Keuangan terbaik dunia ini disambut Rektor Unpatti Prof. Dr. M.J.Saptenno saat tiba di kampus orang basudara itu.

Dalam kuliah umum ini, Menteri Sri Mulyani menyampaikan kondisi perekonomian global dan Indonesia serta APBN 2018.Menteri memaparkan kondisi ekonomi Indonesia yang mulai bangkit lagi setelah terjadi kelesuhan pada beberapa tahun silam.  Namun menurut Menteri, kondisi ekonomi Indonesia berjalan dinamis serta juga dipengaruhi kebijakan  perekonomian di kawasan regional dan negara – negara maju.

Loading…

Menteri juga memberikan motivasi kepada civitas akademika Unpatti terutama mahasiswanya. Menteri Sri Mulyani meminta mahasiswa untuk terus belajar, menjadi mahasiswa cerdas, kreatif dan inovatif serta percaya diri. “Jadilah diri anda bagian dari kemajuan, anda semua harus maju dengan  kompiden, percaya diri. Anda mahasiswa di sini (Unpatti) harus  bisa sama seperti yang lainnya. Jangan pernah dikalahkan oleh musuh sebelum anda bertanding, musuh yang paling besar manusia adalah diri sendiri,” kata Menteri Sri Mulyani yang disambut tepuk tangan ribuan mahasiswa.

Menteri Keuangan juga menantang lulusan Unpatti Ambon agar bisa lolos rekrutmen CPNS di Kementerian Keuangan dan kelak bisa menjadi orang  sukses di kementerian tersebut. “Di tahun 2018, Kementerian Keuangan akan membuka  penerimaan CPNS sekitar 7.000 orang. Saya menantang anda-anda  mahasisa  Unpatti harus bisa lolos seleksi, karena nanti kita juga akan memberikan semacam alokasi jatah dari Maluku untuk lolos, karena di kementerian kami, yang dari Maluku itu sedikit sekali,” kata Menteri.

Menteri juga menatang mahasiswa dan civitas akademika Unpatti untuk berkontribusi, memberikan pendampingan dalam pengelolaan dana desa di Maluku. Karena menurutnya, dari tahun ke tahun pemerintah terus menggelontorkan dan menaikan  alokasi dana desa termasuk di Maluku.

“Alokasi dana desa yang besar itu harus dikelola dan dikawal dengan baik, dan karena itu saya  menantang lagi  mahasiswa Unpatti ikut memberikan pendampingan pengelolaannya agar tidak disalahgunakan,” kata Menteri.Ia juga berjanji akan membangun fasilitas Kampus Unpatti Ambon yang masih kurang.

Saat memberikan kuliah umum ini, Menteri Sri Mulyani didampingi sejumlah pejabat utama Kementerian Keuangan, PLT Gubernur Maluku Zeth Sahuburua, Walikota Ambon Richard Louhenapessy. “Atas nama civitas akademika, kami menyampaikan terimah kasih dengan  kedatangan Menteri Keuangan di Kampus Unpatti, kampus orang basudara. Dan sejak Kampus ini berdiri 50 tahun silam, baru kali ini Menteri Keuangan RI yang berkunjung ke Unpatti,” kata Rektor Unpatti Prof. Dr. M.J.Saptenno. (ADI)