Beri Penyuluhan Kesehatan, Satgas TMMD ke-110 Gandeng Puskesmas Siwalima Dobo

by

TERASMALUKU.COM,-DOBO-Satgas TMMD ke-110 TA.2021 Kodim 1503/Tual, tidak hanya fokus menyelesaikan pengerjaan fisik semata. Namun di sela kegiatan fisik, anggota Satgas TMMD juga menggelar kegiatan non fisik.

Diantaranya adalah penyuluhan tentang pencegahan dan penanganan Stunting dan Covid-19 yang berlangsung di kompleks Kampung Baru Kelurahan siwalima tepatnya di lokasi pembangunan drainase oleh TMMD ke-110, Rabu (24/3/2021).

Dandim 1503/Tual Letkol Inf Mario Christian Noya dalam sambutannya yang disampaikan Danramil 1503-04/Jerol Kapten Inf Dody masawoy mengungkapkan terima kasihnya kepada warga yang mengikuti kegiatan ini. Ia mengatakan kegiatan ini sangat penting untuk pencegahan dan penanganan stunting.

Masyarakat harus paham serta mengerti akan pentingnya permasalahan gizi, Karena itu mari mulai dari sekarang kita bersama-sama memperhatikan gizi anak agar nantinya mereka tumbuh menjadi dewasa dengan sehat,” ujarnya.

Sementara itu, dr. Rianto Siagian dari Dinas Kesehatan (Dinkes) melalui Puskesmas Siwalima menjelaskan, masalah Stunting adalah kondisi yang menunjukkan kekurangan gizi kronis yang terjadi selama periode paling awal pertumbuhan dan perkembangan anak.

Dampak Stunting pada anak dapat mempengaruhinya dari ia kecil hingga dewasa. Dalam jangka pendek, stunting pada anak menyebabkan terganggunya perkembangan otak, metabolisme tubuh, dan pertumbuhan fisik.

Bahkan, dampak Stunting pada anak juga dapat menyebabkan kecerdasan di bawah rata-rata, sehingga prestasi belajar anak tidak bisa maksimal.
Kemudian, sistem imun tubuh anak menjadi tidak baik, sehingga mudah sakit, serta rentan menderita penyakit.

“Dampak buruk stunting pada anak bisa terus menghantui hingga usia tua. Karena itu, kondisi ini sangat penting untuk dicegah. Salah satunya dengan penyuluhan kesehatan melalui kegiatan non fisik TMMD,” urai dr. R Segian.

Selain materi Stunting, dr. R Segian juga menjelaskan bahwa dalam waktu dekat, masyarakat Kabupaten kepulauan Aru juga akan mendapatkan vaksin Covid-19.

“Kita harapkan kepada masyarakat nanti kalau sudah ada jadwal vaksin, tidak perlu ragu karena vaksin yang diberikan itu sudah dilakukan uji klinis dan halal,” pungkasnya.(ADV)