Berkaca Gunung Botak, Anggota DPRD Maluku Minta Pemerintah Respon Cepat Temuan Emas Tamilouw

by
Anggota DPRD Maluku, Foto Nair Fuad

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Anggota Komisi II DPRD Maluku Azis Hentihu meminta pemerintah secepat merespon temuan emas di pantai Desa Tamilouw, Kecamatan Amahai, Kabupaten Maluku Tengah agar bisa dikelola dengan baik.

“Dipastikan dengan benar apakah material tersebut mengandung emas ataukah tidak. Jika benar, maka pemerintah harus merespon dengan cepat agar bisa dikelola dengan benar,”kata Azis Hentihu kepda wartawan di DPRD Maluku Selasa, (30/3/2021).

Hentihu menegaskan, kasus dan pengalaman penambangan emas di Gunung Botak, Pulau Buru dengan segala persoalannya yang kompleks bisa saja terulang di Desa Tamilouw.

Karena itu lanjutnya, mesti disikapi dengan cepat oleh pemerintah agar dapat melakukan langkah-langkah tepat untuk mengamankan lokasi temuan emas tersebut.

”Kasus Gunung Botak, menjadi contoh dimana semua penambang dari seluruh Indonesia masuk. Jika ini terjadi maka nilai budaya kita ikut berpengaruh. Belum lagi ancaman sianida bagi keselamatan lingkungan dan manusia di wilayah itu,”ujarnya.

Olehnya itu kata Hentihu, Dinas ESDM dengan perannya harus melakukan pengawasan ketat di lokasi temuan emas.

Bertepatan dengan agenda pengawasan, Azis Hentihu mengatakan, Komisi II DPRD Maluku akan melakukan kunjungan ke Tamilouw untuk melihat secara langsung kondisi di lokasi tersebut. (NAIR FUAD)