Bersih Pelabuhan, Dukungan Pemda TNI Dan Polri Bagi Buruh di MTB

by
Bupati MTB Petrus Patlalon merayakan hari buruh internasional atau may day di Pelabuhan Saumlaki, Selasa (1/5).

TERASMALUKU.COM,-SAUMLAKI-Hari Buruh Internasional atau May Day, Selasa (1/5/2018) tak harus diisi dengan berdemo dan menutup jalan. Ada banyak cara untuk mendukung para buruh mendapatkan hak-haknya atau agar mereka tetap sejahtera lahir batin. Seperti yang dilakukan oleh Polres Maluku Tenggara Barat (MTB) bersama TNI, Pemda serta para buruh Kabupaten MTB. Bersama sama mereka melakukan bakti sosial bersih bersih pelabuhan.

Acara yang dilaksanakan di Pelabuhan Kelas II Yos Soedarso Saumlaki, itu berjalan aman dan lancar. Semua pihak terlibat aktif dan mendukung rangkaian acara tersebut.
Bupati dan Wakil Bupati MTB, Petrus Patlalon dan Agustinus Utuwali beserta jajaran dan SKPD Kabupaten MTB, Kapolres MTB AKBP Raymundus Andhi H, Dandim 1507 Saumlaki Letkol Inf Ryan Heryawan beserta jajarannya ikut terlibat menyukseskan bakti sosial bersama para buruh tersebut.

Seblum bakti sosial digelar, Muspida MTB bersama prajurit TNI/Polri, SKPD dan buruh menggelar apel bersama di pelabuhan itu. Mereka ikut merayakan May Day. Bupati didampingi, Muspida lainnya memotong kue ulang tahun hari buruh dan langsung diserahkan ke perwakilan buruh. Bupati pejabat lainnya dan buruh kemudian Tobelo bersama. Setelah itu digelar bakti sosial di kawasan pelabuhan.

Kegiatan tersebut sebagai cerminan sinergi dan kerjasama antar semua pihak dan para buruh. Kerja keras mereka patut dihargai dan diapresiasi. Salah satunya denan memberi dukungan dan bekerjasama. Jalinan kedekatan itu dinilai mampu memperkuat simbiosis antar semua kalangan. Para buruh yang ikut aksi itu pun begitu semangat dapat menjalin hubungan dengan para pemimpin daerah setempat. Kegiatan bersih-bersih pelabuhan juga menjadi wujud sumbangsih pihak pihak terkait dalam mendukug kelancaran transportasi dari dan ke Kota Saumlaki, MTB.

Pelabuhan merupakan pintu masuk utama. Segala pembangunan dan kemajuan daerah sangat dipenguruhi oleh infrastruktur tersebut. Kerja para buruh pun bakal lebih baik bila makin banyak relasi pihak pengembang atau pihak ketiga yang membuka peluang udaha di Saumlaki. Maka tak heran kegiatan bakti sosial itu menjadi bentuk dukungan besar pemerintah dan TNI Polri kepada buruh di Saumlaki.

Kapolres MTB mengatakan sepanjang May Day tidak ada satupun organisasi atau perwakilan buruh di wilayah itu yang menggelar demo. “Yang terjadi di Hari Buruh Internasional, kami bersama TNI dan Pemda serta para buruh merayakan bersama dengan kegiatan bakti sosial, membersihkan kawasan pelabuhan dan pantai di Kota Saumlaki,” kata Kapolres MTB.

Dengan kegiatan seperti ini menurut Kapolres, terbangun komunikasi antara pemerintah daerah (Pemda), aparat keamanan dan para buruh. “Apa yang menjadi tuntutan, dan persoalan bisa langsung disampaikan para buruh kepala pihak pemerintah daerah sehingga demo tidak perlu dilakukan lagi,” kata Kapolres. (BIR)