Besok Launching Vaksinasi Covid di Maluku, Siapa Yang Bakal Divaksin Perdana?

by
Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Provinsi Maluku, dr. Adonia Rerung. FOTO : TERASMALUKU.COM

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Secara nasional, Vaksinasi Covid-19 perdana untuk gelombang pertama periode Januari-April sudah digelar Rabu 13 Januari di Istana Negara dimana Presiden Joko Widodo menjadi orang pertama di Indonesia yang disuntik Vaksin Covid-19

Sementara di Maluku, Vaksinasi Covid-19 akan dimulai besok, Jumat 15 Januari 2021 untuk gelombang pertama.

Kick Off Vaksinasi Covid-19 di Maluku ini akan digelar di Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) dr. Johanes Leimena di Kota Ambon dan akan diikuti langsung oleh Gubernur Maluku, Murad Ismail bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) beserta para Tokoh Agama serta pejabat teras Pemerintah Provinsi Maluku maupun Kota Ambon.

Pertanyaannya, siapa orang pertama di Maluku yang akan divaksin Covid-19?

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Provinsi Maluku, dr. Adonia Rerung menjelaskan, sebelum sasaran vaksinasi Covid-19 diberi suntikan vaksin, terlebih dahulu harus melewati dua meja prosedural awal untuk proses pendaftaran dan verifikasi serta skrining.

Jika dua meja prosedural awal ini lolos, maka sasaran vaksinasi akan menuju meja 3 untuk diberi suntikan Vaksin Covid.

Dan untuk launching Vaksinasi Covid-19 besok di RSUP dr. Johanes Leimena Ambon kata Rerung, dipastikan Gubernur Maluku, Murad Ismail akan menjadi orang pertama yang akan lewati tahapan prosedural itu sebelum dipastikan apakah bisa divaksin Covid perdana atau tidak.

“Yang jelas prosedural meja itu meja pendaftaran dan pemeriksaan, dan Pak Gubernur akan melalui (meja prosedural) itu dan akan menjadi orang yang paling pertama lewati prosedural itu sebelum diketahui apakah bisa divaksin perdana atau tidak,”tuturnya menjawab terasmaluku.com, Kamis (14/1/2021).

Sekedar tahu, alur pelayanan vaksinasi Covid-19 yaitu Meja 1 Pendaftaran dan verifikasi data, Meja 2 Skrining, Anamnesa dan pemeriksaan fisik sederhana dan Edukasi Vaksinasi COVID-19, Meja 3 Pemberian Vaksin dan Meja 4 Pencatatan, Petugas mempersilakan sasaran untuk menunggu 30 menit (antisipasi apabila ada KIPI), sasaran diberikan kartu vaksinasi dan penanda Edukasi pencegahan Covid-19. (Ruzady)