BI Maluku Bakal Bahas Dinamika Ekonomi Maluku Pada Pertemuan Tahunan

BI Maluku Bakal Bahas Dinamika Ekonomi Maluku Pada Pertemuan Tahunan

SHARE

TERASMALUKU.COM,AMBON–Bank Indonesia (BI) Kantor Perwakilan Maluku bakal menggelar pertemuan tahunan pada 5 Desember mendatang. Pertemuan rutin itu merupakan kelanjutan dari acara serupa tingkat nasional yang digelar pada 27 Novmber lalu.

Kepala Kantor BI Perwakilan Maluku Bambang Pramasadui menyebut pembahasan itu terkait pertumbuhan ekonomi serta perkembangannya di masa mendatang. “Tujuannya untuk sampikan kinerja ekonomi nasioal. Akan ada paparan soal prospek ekonomi Indonesia ke depan,” jelasnya pada konferensi pers di ruang rapat BI Maluku, Senin (3/12/2018) sore.

Pada kesempatan itu BI juga bakal menyampaikan sistem keuangan, stabilitas, serta sistem pembayaran di Provinsi Maluku. Seperti pada beberapa waktu terakhr, tim dari BI berkeliling ke beberapa daerah 3T (tertinggal, terdepan terluar). Tujuannya untuk menyosialisasi uang rupiah sekaligus penukaran uang rupiah lama dan tidak layak edar.

Seperti saat berkunjung ke Pulau Ay Kecamatan Banda, Maluku Tengah. Di sana masih ada masyarakat yang menyimpan uang dengan cara tradisional. “Sampai di sana ada yang masih nyimpen di bawah bantal. Uang-uang koin juga masih yang lama. Itu juga karena jarak wilayah yang jauh untuk warga tukarkan uangnya,” jelas Bambang.

BI juga akan lakukan penutupan penukaran uang rupiah emisi 1999 pada 30 Desember. Mereka berharap masyarakat bisa meresponnya dan menukarkan uang sebelum waktu. Pecahan uang rupiah yang boleh ditukar yakni Rp 10.000, Rp 20.000, Rp 50.000, dan Rp 100.000.

“Pemaparan nanti juga tentang inflasi dan perkembangan pada triwulan ketiga. Semabko telur tidak jadi yang utama penyebab inflasi. Saat ini ya harga tiket yang tinggi,” imbuhnya. Dari pantauan BI serta hasil diskusi bersama dinas perhubungan harga tiket terus menanjak sejak ada even nasional pesparani. Hal itu berlanjut hingga jelang hari libur natal dan tahun baru. “Ini yang sedang kami upayakan dengan dinas perhubungan untuk disampaikan ke pihak maskapai,” tandasnya.

Pada pertemuan nanti yang akan digelar di Hotel Santika Premiere Kantor BI Provinsi Maluku juga akan memberikan penghargaan kepada perbankan, korporasi, individu, kelompok usaha pada 15 kategori dalam BI Award. Penghargaan itu diberikan sebagai bentuk apresiasi atas kinerja terbaik para pelaku ekonomi dan pemangku kepentingan. (PRISKA BIRAHY)

loading...