BI Siapkan 1 Triliun Untuk Penukaran Uang Baru Selama Ramadan

by
BI Cabang Ambon pastikan ketersediaan uang layak edar pecahan besar pun kecil untuk kebutuhan lebaran, THR dan gaji (14/5). FOTO: Dok. terasmaluku.com

 

TERASMALUKU.COM,AMBON, – Perusahaan, kantor maupun masyarakat yang bersiap membayar THR atau menukar uang lebaran tidak perlu khawatir. Bank Indonesia menyediakan kebutuhan uang layak edar sebesar Rp 1,03 trilun selama selama bulan ramadan.

Jumlah itu alami peningkatan dari sebelumnya mengingat ada perbaikan ekonomi serta pengendalian inflasi di Maluku. Pada jumpa pers sore, perwakilan Bank Indonesia Cabang Ambon menyebut persiapan uang selama ramahan dan idul fitri 2019 disesuaikan dengan tingkat kebutuhan masyarakat saat ini.

“Tahun ini proyeksinya Rp 844,6 miliar meningkat sebesar Rp 121,7 Milyar (16,84%) dibandingkan realitas outflowRamadan dan ldul Fitri tahun lalu,” jelas Kepala Tim Sistem Pembayaran Pengelolaan Uang Rupiah Layanan dan Administrasi Kantor Perwakilan Bank Indonesia Ambon, Teguh Triyono dihadapan sejumlah wartawan Selasa sore (14/5/2019).

Sedangkan persiapan uang layak edarnya mencapai Rp 1,03 trilliun. “Biasanya kalau mau lebaran kan kasih uang ke keluarga, kami siapkan untuk penukaran,” imbuh dia. Jumlahnya sebesar Rp1,03 Triliun, terdiri dari Uang Pecahan Besar (UPB) senilai Rp 100.000 dan Rp 50.000. Sedangkan uang pecahan kecil (UPK) sebanyak Rp 60,4 miliar senilai uang pecahan Rp 20.000 ke bawah.

Menurutnya masyarakat tidak perlu mengkhawatirkan stok uang layar edar atau uang baru saat lebaran atau THR nanti. Mereka yang ingin menukar pun bisa mendatangi langsung kantor Bank Inodnesia atau bank swasta lain.

Pihaknya telah berkoordiansi dengan semua bank yang ada di Maluku untuk melayani penukaran uang layak edar. Bahkan masyarakat nasabah bank lain pun tetap bisa menukar uang pada bank berlainan. “Misalnya dia nasabah bank Mandiri bisa menukar uang di bank BRI kalau lokasi rumahnya jauh jauh atau ada kendala,” tutur dia.

Meski demikian BI pun tetap mengantisipasi jika ada masyarakat yang kesulitan mengakses atau canggung untuk menukar uang di bank. Yakni dengan mengadakan kas keliling. Ada jam- dan waktu tertentu mobil penukaran uang BI mampir di beberapa lokasi. Di situ masyarakat akan lebih leluasa menukarkan uang dengan yang layak edar.

Kas Kelling BI bekerja sama dengan tujuh bank umum menjangkau 12 titik di Kota Ambon secara bergiliran. Mulai dari tanggal 15 sampai dengan 29 Mei 2019.

Lokasinya di Kantor Gubernur Maluku, Pasar Mardika, Gedung Keuangan Negara, Kantor Walikota Ambon, Lantanal Xl Ambon, Polda Maluku, Ambon Plaza, Masjid Raya Al Fatah, Gong Perdamaian, Kebun Cengkeh, Wayame dan Passo. (PRISKA BIRAHY)

 

loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *