BI Siapkan 1,2 Triliun untuk Penukaran Uang

by
Mobil penukaran uang oleh bank BRI di depan Gong Perdamaian (27/5). FOTO: dok. Terasmaluku

TERASMALUKU.COM,AMBON, – Bank Indonesia kantor perwakilan Provinsi Maluku siapkan uang tunai sejumlah 1,2 triliun jelang natal dan tahun baru. Uang tersebut untuk kebutuhan penukaran uang jelang hari raya dan pergantian tahun. Jumlah itu naik 15,8 persen dari persiapan BI tahun lalu.

Penukaran ang tersebut telah berlangusng selama dua minggu. BI menyiapkan mobil keliling  yang bisa dijumpai warga kota dengan mudah untuk menukar uang mereka. “Warga yang ingin tukar uang pecahan kecil bisa ke mobil keliling BI,” jelas Kepala Bank Indonesia Maluku, Noviarsano Manullang di kantornya siang (18/12/2019).

Uang sneilai 1,2 triluhn itu disiapkan pada 19 bank yang tersebar. Ia terdiri dari pecahan uang besar dan uang kecil. Masing-masing 850,9 miliar dan 126,5 miliar. Jumlah itu naik sebesar 133,5 miliar dari sebelumnya yang hanya 843,9 miliar.

Menurut Novi, pihaknya ingin memudahkan masyarakat menukar dengan menempatkan mobil keliling di sejumlah titik yang telah beroperasi sejak 12 Desember lalu.

“Saya harap masyarakat dapat menukar uang di lokasi peukaran resmi untuk mencegak risiko uang palsuu dan menjaga kualitas uang,” imbaunya. (PRISKA BIRAHY)