Bios 44 Bantu Warga Pulau Kisar

by
Jeruk Kisar yang kurang lebih 4 sampai 5 Tahun ini mengalami gagal panen bahkan sampai mati, kini berbuah banyak setelah Opster TNI Kalwedo mengaplikasikan Bios 44 kepada masyarakat Pulau Kisar.

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Penyuluhan dan aplikasi Bios 44 merupakan rangkaian kegiatan non fisik yang diberikan oleh Satuan Penugasan Operasi Teritorial (Satgas Opster) TNI “Kalwedo” Tahun 2018 di wilayah Pulau Kisar, Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD).

Jeruk Kisar yang kurang lebih 4 sampai 5 Tahun ini mengalami gagal panen bahkan sampai mati, hal tersebutlah yang membuat  Korem 151/Binaiya selaku Komando Pelaksana Opster dibawah Kodam XVI/Pattimura memberikan solusi dengan memperkenalkan dan mengaplikasikan Bios 44 kepada masyarakat Pulau Kisar. Anggota TNI memberikan penyuluhan dan praktek penggunaan Bios 44 untuk  tanaman jeruk dan hewan ternak.

Awal Mei 2018 ini, Satgas Opster mengecek perkembangan aplikasi Bios 44 terhadap tanaman jeruk Kisar dan beberapa hewan ternak seperti kambing, ayam. Dan  ternyata ditemukan hasil yang positif, pohon-pohon jeruk yang terkena penyakit kembali subur dan menghasilkan tunas-tunas pohon yang baru,  beberapa pohon juga terlihat berbuah besar dan segar. Daun-daun pohon nampak hijau segar setelah penggunaan Bios 44 kurang lebih satu bulan ini.

Agus Gabriel, peternak kambing dari Desa Kota Lama Kecamatan Pulau-pulau Terselatan, MBD mengungkapkan, hewan peliharaanya sebelumnya sakit-sakit, namun setelah memberi minum  Bios 44 kini kambing peliharannya sehat. “Dua minggu  lalu anggota Opster TNI datang bersama kami melihat kambing-kambing saya yang sakit-sakit, ternyata atas bantuan TNI memberi minum Bios 44 untuk kambing-kambing yang sakit-sakit, kena penyakit mata bahkan sampai tidak bisa melihat, setelah diminumkan Bios 44, kambing-kambing kembali sehat semua,” kata Agus Gabriel, Rabu (16/5/2018).

Agus menyampaikan  terimakasih dan apresiasi yang tinggi kepada anggota TNI yang sudah datang di daerahnya, Pulau Kisar yang berbatasan langsung dengan Negara Timor Leste, sehingga atas bantuan Bios 44 tersebut hewan dan tanaman milik warga sehat lagi. “Kini kami sudah boleh merasakan betapa kerjasama TNI terhadap Rakyat, saya bangga kepada TNI saya bangga kepada Indonesia, NKRI harga mati,”kata Agus. (ADV)