Bisa Langsung Operasi Setelah Membayar Iuran Pertama, Pakai Kartu JKN-KIS

by
Pelayanan BPJS Kesehatan. FOTO : ISTIMEWA

TERASMALUKU.COM,-BULA-Dalam perkembangannya, BPJS Kesehatan terus berupaya meningkatkan mutu layanan dalam segala aspek. Pemanfaatan program JKN-KIS (Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat) terbukti sangat dirasakan oleh masyarakat secara langsung. Salah satunya adalah kemudahan pendaftaran bayi baru lahir yang dilakukan Jemmy Winarto (38).

Fony (Istri Jemmy Winarto) baru saja mendapatkan pelayanan operasi sectio caesarea (persalinan dengan tindakan operasi sesar) setelah terdaftar di BPJS Kesehatan dan membayar iuran pertama kali. Setelah melahirkan, sang bayi langsung didaftarkan oleh Jemmy pada program Jaminan Kesehatan dan langsung aktif pada hari yang sama setelah membayar iuran, tanpa perlu menunggu 14 hari. Untuk menambah kemudahan pembayaran iurannya setiap bulan, Jemmy menggunakan fasilitas autodebet.

Saat mendatangi kantor kantor BPJS Kesehatan Kabupaten Seram Bagian Timur untuk mendaftarkan kepesertaan anaknya yang baru lahir, Pria yang berprofesi sebagai wiraswasta tersebut mengaku bahwa pelayanan sangat mudah dan cepat. Ia juga merasa terbantu atas pembiayaan layanan kesehatan yang diberikan kepada istrinya.

Loading...

“Saya dan istri saya belum lama terdaftar sebagai peserta JKN-KIS, baru sekali membayar iuran. Setelah itu istri saya melahirkan dengan operasi sesar yang kita tahu biayanya sangat besar. Biaya operasi tersebut langsung dijamin oleh BPJS Kesehatan, tidak peduli sudah berapa lama kita terdaftar sebagai peserta JKN, yang penting status kita aktif pasti dijamin. Oleh karena itu saya berterima kasih sekali dan langsung mendaftarkan bayi saya ketika lahir, program ini sangat membantu, ” ungkap Jemmy, Selasa (7/7/2020) di Kantor BPJS Kesehatan Kabupaten Seram Bagian Timur.

Jaminan kesehatan memang sangat dibutuhkan oleh seluruh lapisan masyarakat, mulai dari kalangan masyarakat ekonomi menengah keatas sampai kalangan bawah, apalagi pada daerah sangat terpencil. Masyarakat Kabupaten Seram Bagian Timur dan sekitarnya tidak luput dari kebutuhan terhadap jaminan kesehatan. Masifnya pemberian informasi kepada masyarakat sangat besar manfaatnya, terutama pada masyarakat yang membutuhkan pelayanan kesehatan.

Berdasarkan pengalamannya langsung, Jemmy berharap program Program JKN dan BPJS Kesehatan semakin baik lagi kedepannya dan selalu ada untuk masyarakat.“Program Jaminan Kesehatan ini sangat membantu bagi masyarakat, maksudnya masyarakat tidak perlu khawatir akan biaya-biaya rumah sakit yang mahal untuk bisa mendapatkan pelayanan kesehatan. Harapan saya, semoga Program Jaminan Kesehatan dan BPJS Kesehatan semakin baik dan selalu ada untuk masyarakat,” ungkap Jemmy. (ADV)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *