BMKG Pastikan Gempa Ternate Tidak Berdampak ke Maluku

by
Terminal Bahan Bakar Minyak (TBBM) Ternate tidak terdampak akibat gempa yang terjadi di wilayah ini pada Senin dini hari. FOTO : HUMAS PERTAMINA

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Geofisika Ambon memastikan, gempa bermagnitudo 7 SR 133 km Barat Daya Ternate yang mengguncang Ternate Maluku Utara Senin pukul 00.08 WIT tidak berdampak ke wilayah Maluku.

Peringatan dini potensi tsunami yang dirilis BMKG tidak membuat masyarakat yang tinggal di pesisir pantai Maluku panik atas pemberitaan tersebut.

Kepala Seksi Data dan Informasi Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Geofisika Ambon, Andi Azhar menyebutkan pihaknya tidak mendapat laporan apapun mengenai dampak gempa Ternate di wilayah Maluku.

“Gempa bumi tengah malam magnitudo 7 di Ternate hingga saat ini tidak ada laporan masyarakat Maluku yang merasakan guncangan gempa,” ungkapnya saat dihubungi, Senin (8/7/2019).

Ia menjelaskan, jarak Maluku dengan pusat gempa berkisar 500 km. Pusat gempa berdekatan dengan Minahasa Selatan dan Minahasa Utara, Provinsi Sulawesi Utara. Di wilayah tersebut terasa hingga skala 5 MMI.

“Pusat gempa cenderung dekat dengan Minahasa Selatan dan Minahasa Utara. Warga disana merasakan dampak gempa dan mereka cukup panik,” jelasnya

Mengenai prediksi terjadinya gempa di wilayah Maluku sebagai imbas dari gempa Ternate, ia menyebutkan Maluku masuk wilayah rawan gempa, kapan pun akan terjadi gempa yang berpotensi tsunami.

Dari 240 kejadian tsunami di indonesia, 20 persen terjadi di wilayah Maluku atau ada 50 kali kejadian.”Potensi gempa di wilayah Maluku sangat rawan terjadi gempa berpotensi tsunami. Tercatat ada 50 kejadian tsunami di Maluku,” urainya.(ADI)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *