BMKG Rilis Peringatan Dini Hujan Lebat Dan Disertai Angin Kencang

by
Ilustrasi : Foto Istimewa

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) merilis peringatan dini atas potensi terjadinya hujan lebat disertai kilat/petir dan angin kencang di sejumlah wilayah di Indonesia, Senin.  Informasi tersebut diunggah BMKG dalam laman www.bmkg.go.id.

Berikut ini sejumlah wilayah yang berpotensi terjadi hujan disertai kilat/petir dan angin kencang pada Senin:

Di DKI Jakarta wilayah yang berpotensi terjadi hujan disertai kilat/petir dan angin kencang, yakni di sebagian wilayah Jakbar, Jaksel dan Jaktim pada siang hari, serta di wilayah Kepulauan Seribu, Jakut dan Jakbar pada malam dan dini hari.

Untuk wilayah Aceh yaitu Pidie, Pidie Jaya, Bireuen, Aceh Tengah, Gayo Lues dan sekitarnya.

Sumatera Selatan, potensi hujan sedang-lebat yang dapat disertai petir/kilat dan angin kencang berdurasi singkat pada siang-malam hari di wilayah Musi Banyuasin, Muara Enim, Ogan Komering Ulu, Ogan Komering Ulu Timur, Ogan Komering Ilir, Penukal Abab Lematang Ilir dan Ogan Ilir.

Jambi, potensi hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang pada siang/sore dan malam hari di wilayah Kab. Merangin, Kab. Sarolangun, Kab. Batanghari, dan Kab. Tebo.

Lampung, waspada potensi hujan lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang di wilayah Lambar, Pesibar, Tanggamus, Pringsewu, Pesawaran, Balam, Lamsel, Lamtim, Metro, Lamteng, Lampura pada siang, sore dan malam.

Banten, potensi hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat/ petir dan angin kencang di Kab. Pandeglang bagian barat dan selatan, serta Kab. Lebak bagian tengah dan selatan.

Jawa Barat, potensi hujan yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang pada siang hingga menjelang malam hari di wilayah Kab dan Kota Bogor, Kota Depok, Kab dan Kota Bekasi, Kab Karawang, Kab Subang, Kab Sukabumi, Kab Cianjur, Kab Bandung barat, Kab Garut, Kab Tasikmalaya, Kab Ciamis, Kota Banjar, Kab Pangandaran, Kab Sumedang, Kab Majalengka, Kab Kuningan, Kab dan Kota Cirebon, Kab Indramayu.

Sedangkan pada malam hingga dini hari di wilayah Kab Bekasi, Kota Bekasi, Kota Depok, Kab Karawang, Kab Bogor.

Untuk Jawa Timur, BMKG mengimbau masyarakat mewaspadai hujan intensitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang sesaat pada pagi hari di wilayah Kab. Mojokerto, Kab. Malang, Batu, Kab. Pasuruan, Jember, Bondowoso, Situbondo dan Pamekasan.

Siang-Sore hari di wilayah Surabaya, Lamongan, Bojonegoro, Ponorogo, Pacitan, Trenggalek, Tulungagung, Kab. Blitar, Kota Blitar, Kab. Kediri, Kab. Malang, Batu, Kab. Pasuruan, Kab. Probolinggo, Kota Probolinggo, Jember, Bondowoso, Situbondo dan Banyuwangi.

Sedangkan malam hari di wilayah Pacitan, Kab. Blitar, Kab. Probolinggo, Jember, Bondowoso, Situbondo dan Banyuwangi. Dini hari di wilayah Tulungagung, Kab. Blitar dan Banyuwangi.

Nusa Tenggara Barat, potensi hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang di sebagian wilayah Kota Mataram, Lombok Barat, Lombok Utara, Lombok Tengah, Lombok Timur, Sumbawa Barat, Sumbawa, Bima, Dompu, dan Kota Bima pada siang hingga dini hari, dan waspadai potensi banjir di sebagian NTB.

Nusa Tenggara Timur, potensi hujan sedang-lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang berdurasi singkat pada pagi-siang hari di wilayah Alor, Manggarai Barat, Manggarai, Manggarai Timur, Ngada, Ende, Sikka, Lembata, Flores Timur, Rote, Kab.Kupang, TTU, Belu.

Pulau Bali, hujan sedang-lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang berpotensi terjadi di sebagian besar wilayah Bali, serta waspada potensi tinggi gelombang laut dapat mencapai 2 meter atau lebih di Laut Bali, Selat Bali, Selat Badung, Selat Lombok, dan Samudera Hindia Selatan Bali.

Kalimantan Barat, potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai guntur/petir disebagian wilayah Kabupaten Kapuas Hulu.

Kalimantan Selatan, potensi hujan disertai kilat/petir dan angin kencang berdurasi singkat pada siang dan sore hari di wilayah Kabupaten Tapin, Hulu Sungai Utara, Hulu Sungai Selatan, Tanah Bumbu, Kotabaru dan sekitarnya.

Kalimantan Tengah, waspada potensi hujan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir/kilat dan angin kencang di wilayah Kab. Kotawaringin Timur, Katingan, Gunung Mas, Murung Raya, Barito Utara, Barito Timur, Barito Selatan, Pulang Pisau, Kapuas, dan Kota Palangka Raya.

Kalimantan Timur, waspada potensi hujan sedang hingga lebat disertai kilat/petir dan angin kencang sesaat di wilayah Sendawar, Long Iram, Sandaran, Long Apari, Tabang, Muara Wahau, Kelay, Laham dan Muara Ancalong.

Kalimantan Utara, waspada potensi hujan Lebat disertai kilat/petir di Sungai Boh, Malinau Selatan Hilir dan Peso pada malam dan dini hari.

Sulawesi Tengah, potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai petir/kilat dan angin kencang pada sore dan dini hari di wilayah Kab/Kota Palu, Donggala, Sigi, Parimo, Poso, Touna, Tolitoli, Buol, Morowali, Morowali Utara, Banggai, Banggai Laut dan Banggai Kepulauan.

Sulawesi Tenggara, potensi hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai guntur dan angin kencang pada siang hari di wilayah Kendari, Konawe Selatan, dan Konawe Utara.

Sulawesi Utara, potensi hujan lebat disertai kilat/petir di Tomohon, Mihasa Utara dan Bolmong Selatan.

Maluku, potensi hujan lebat di Kota Tual, Kab Seram bagian timur dan Kab Maluku Tenggara. Sedangkan angin kencang berpotensi terjadi di Kota Tual, Kab Maluku Tengah, Kab Maluku Tenggara, Kep Aru, Kep Tanimbar, dan Maluku barat daya.

Papua, potensi hujan ringan hingga lebat di Sumohai, Bolakme, Mamberamo tengah, Tembagapura, Wamena, Tiom, Kuala Kencana, Ilaga, Sinak, Mulia, Airu, Ninati, Mimika Baru, Botawa.

Papua Barat, potensi hujan sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang di Manokwari, Manokwari Selatan, Peg. Arfak, Sorong Selatan, Babo, Kokas, Fakfak, Karas dan Wasior.

Seluruh informasi tersebut dikutip pada Senin pukul 03.00 WIB. Masyarakat dapat melihat informasi terbaru terkait prakiraan cuaca atau peringatan dini melalui laman www.bmkg.go.id.