Boyong Piala Kasad, Peleton Tangkas Yonif Raider 733 Disambut Meriah

by
Kontingen Ton Tangkas Yonif Raider 733 Masariku melintasi pusat Kota Ambon, Selasa (6/12). Foto : Pendam

AMBON-Kontingen Peleton Tangkas Yonif Raider 733/Masariku, juara umum ajang lomba Peleton Tangkas Piala Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Mulyono, tiba di Kota Ambon, Selasa (6/12). Kontingen disambut meriah dari Bandara Pattimura yang dipimpin langsung Pangdam 16 Pattimura Mayjen TNI Doni Monardo. Dari bandara, Kontingen Ton Tangkas Yonif Raider 733 ini diarak menuju Markas Kodam 16 Pattimura bersama piala yang diperoleh dengan melintasi sejumlah ruas jalan utama di Kota Ambon. Di sejumlah ruas jalan, kontingen Ton Tangkas ini mendapat penyambutan dari personil TNI dan Brimob Polda Maluku.
Penyambutan meriah ini sebagai bentuk kebanggaan dan apresiasi Kodam Pattimura terhadap Yonif Raider 733/Masariku, setelah keluar sebagai juara umum dengan meraih tiga emas dan satu perunggu dalam ajang lomba Peleton Tangkas Piala Kasad di Pusdik Infanteri Ciputat, Bandung. Materi yang dilombakan adalah renang militer ( Renmil), Kesegaran jasmani (Garjas), Menembak Pistol, Navigasi Darat ( Navrat), Lintas Medan ( Limed), Peraturan baris berbaris (PBB), Menembak Senapan dan HTF.
Tiba Makodam Pattimura, kontigen Ton Tangkas Yonif Raider 733 diterima Gubernur Maluku Said Assagaff, Kapolda Maluku Brigjen Pol. Ilham Salahudin, Danlantamal IX Ambon, Danlanud Pattimura serta tokoh agama dan masyarakat.
Dalam sambutannya, Pangdam menyampaikan ucapan terimakasih sekaligus rasa bangga karena Kontingen Ton Tangkas Kodam 16 Pattimura yang dikomandani Letnan Kolonel Inf Lucas Sadibun telah memboyong Piala Bergilir Kasad ke Markas Kodam Pattimura.
“Saya sungguh bangga, Kodam dapat meraih juara umum lomba Ton Tangkas yang diikuti oleh jajaran Kotama Angkatan Darat. Target Kodam 16 Pattimura sebetulnya hanya ingin memperbaiki dan meningkatkan ranking namun sungguh luar biasa berkat kerja keras kalian dengan semangat Pattimura dapat meraih juara umum,” kata Pangdam. Ia menyatakan, selama Kodam Pattimura berdiri belum pernah meraih prestasi seperti ini, sehingga ini menjadi kebanggaan Kodam, masyarakat Ambon, masyarakat Maluku. Menurutnya, rasa kagum dan bangga kepada peserta peleton tangkas telah menunjukkan semangat seperti pattimura-pattimura mudah dengan dedikasi dan perjuangan yang luar biasa.
“Kita tahu bahwa Maluku merupakan penghasil ikan terbesar di Republik ini, sehingga prestasi yang diraih Kodam Pattimura tidak terlepas karena prajurit-prajuritnya selalu mengkonsumsi ikan segar”, kata Pangdam.
Menurutnya, keberhasilan yang diraih atas dukungan dari peran pendukung dan pelatih, dukungan logistik dari Bekangdam, dukungan obat-obatan dan suplemen dari Kesdam, dukungan senapan dan pistol dari Paldam. Dukungan komunikasi dari Hubdam, Topdam yang melatih materi ilmu medan dan navigasi darat, dukungan Jasdam dalam membina fisik sehingga Kodam Pattimura bisa keluar sebagai Juara Umum pada lomba Peleton Tangkas piala Kasad. (RUL)