BP3 Ambon Gelar Pelatihan Pembudidaya Ikan di Malteng

by

AMBON – Dalam rangka peningkatan sumber daya manusia (SDM) kelautan dan perikanan, khususnya di sektor budidaya, Balai Pendidikan dan Pelatihan Perikanan (BP3) Ambon menggelar  pelatihan pembuatan keramba jaring apung (KJA) di Kabupaten Maluku Tengah (Malteng).

Kegiatan yang digelar sejak  Kamis (26/5) hingga  Selasa (31/5) itu  diikuti 30 peserta dari Negeri Amahai, Soahuku dan Kelurahan Lesane, dan berlangsung di  aula Pangkalan Pendaratan Ikan (PPI) Masohi, Malteng.

Kepala PPI Masohi Amrullah Usemahu  menyatakan  kegiatan ini  dalam rangka peningkatan kapasitas SDM  pembudidaya ikan di wilayah itu. Dan  secara teknis  kegiatan  ini untuk mengembangkan usaha budidaya khususnya pada KJA.

Loading...

Menurutnya, kegiatan ini  sangat bermanfaat bagi pembudidaya ikan di wilayah itu.  “Peserta selain mendapatkan materi di ruangan,  juga dilakukan praktek di lapangan secara langsung terkait pembuatan  jaring  KJA. Kegiatan ini  mendapat respon dan apresiasi positif oleh pembudidaya ikan,” kata Usemahu.

Ia menyatakan, kedepan kegiatan seperti ini harus ditingkatkan.  Karena  menjadi kunci keberhasilan pembangunan kelautan dan perikanan dalam menyongsong Masyarakat Ekonomi Asia (MEA), serta  untuk peningkatan produksi hasil budidaya.  “Dan salah satunya adalah kesiapan SDM perikanan yang handal dan berkualitas. Sehingga kegiatan seperti ini  perlu didukung oleh semua pihak, baik pemerintah, swasta dan masyarakat,” kata Usemahu yang juga pengurus pusat Ikatan Sarjana Perikanan Indonesia (ISPIKANI) ini.ADI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *