BPBD Aru : Tiga Rumah, Bangunan RSUD Rusak dan Seorang Warga Terluka Akibat Gempa Dobo

by
Rumah warga yang rusak di Kota Dobo akibat gempa 5,9 SR, Sabtu (26/1/2019) sore. FOTO : AGUS

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kepulauan Aru merilis kerusakan dan dampak akibat gempa 6,6 SR (yang selanjutnya dilakukan pemutahiran menjadi 5,9 SR yang menguncang Kota Dobo dan sekitarnya, Sabtu (26/1/2019) sore.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Kepulauan Aru, Fedrik Hendrik dalam siaran pers yang diterima Terasmaluku.com, Sabtu malam menyebutkan akibat gempa tersebut tiga rumah warga rusak berat, satu unit bangunan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dobo mengalami  rusak ringan dan seorang warga terluka.

Rumah warga yang rusak itu yakni milik Yonias Kolriri di Jalan Mutiara Kelurahan Galay Dubu, rumah milik Nurwin Keleanda di Jalan Wiliam Harman Kelurahan Galay Dubu, dan rumah milik Matias  Atdjas di Jalan  Cenderawasi  Kelurahan Siwalima Kecamatan Pulau-Pulau Aru Kota Dobo.

Selain itu menurut Fedrik, bangunan RSUD Dobo yang berada di Jalan Cenderawasi Kota Dobo juga mengalami kerusakan ringan akibat guncangan gempa. Sementara itu untuk korban jiwa kata Fedrik hingga Sabtu malam,tercatat hanya satu orang yang mengalami luka ringan. Korban atas nama Shintia Gaspers, 13 tahun yang beralamat di Kelurahan Siwalima Kota Dobo. “Korban mengalami luka ringan karena saat terjadi gempa panik dan berlarian hingga terjatuh,” kata Fedrik.

Ia menjelaskan laporan kerusakan dan korban akibat gempa tersebut masih bersifat sementara. Tim BPBD  mengalami kesulitan di lapangan untuk mengimpun data bencana karena kurangnya informasi dari masyarakat terkait kerusakan dan korban akibat gempa.

“Ini laporan kerusakan dan korban masih bersifat sementara. Letak geografis dan sulitnya komunikasi di Kepulauan Aru juga menyebabkan dampak kerusakan di wilayah kecamatan terluar di Kota Dobo belum bisa dihimpun,“ kata Fedrik. (ADI)

loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *