BPJamsostek Gelar Pelatihan Pra Kerja Tahap II di Saumlaki

by
Foto bersama Kepala BPJamsostek Cabang Maluku Alias Muin berfoto bersama peserta pelatihan tenaga kerja tahap II di Aula SMK Negeri 1 Saumlaki, Selasa (21/1/2020). FOTO : HUMAS BPJAMSOSTEK

TERASMALUKU.COM,-AMBON-BPJS Ketenagakerjaan yang kini lebih akrab disebut BPJamsotek bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi Maluku kembali mengadakan Pelatihan Pra Kerja Tahap II di Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Selasa (21/1/2020).

Pelatihan Pra Kerja bagi masyarakat Provinsi Maluku terutama pelajar yang telah lulus pendidikan minimal SLTA sederajat ini dengan jumlah peserta sebanyak 107 orang. Kegiatan ini sebelumnya telah diadakan di Desember 2019 lalu di Kota Saumlaki dan Kota Ambon dengan total peserta kurang lebih 200 orang.

Pelatihan pra kerja ini dibuka langsung Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Tenaga Kerja Kabupaten Kepulauan Tanimbar Oktofianus Utwaly yang berlangsung di Aula SMK Negeri 1 Saumlaki. Oktofianus sangat mengapresiasi kegiatan yang akan terselenggara selama empat hari ke depan terhitung mulai 21 Januari dan berakhir tanggal 24 Januari 2020.

“Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi anak anak maluku khususnya di Saumlaki sebagai bekal persiapan untuk masuk dunia kerja nantinya terutama untuk Kawasan Pertambangan Blok Abadi Masela yang segera akan dibuka. Anak anak Maluku jangan menjadi penonton di tanah sendiri. Kalau bukan kita siapa lagi,” katanya.

Loading...

Kegiatan ini juga dihadiri Kepala BPJamsostek Cabang Maluku Alias Muin. Alias mengungkapkan, selain di Kabupaten Kepulauan Tanimbar, kegiatan seperti ini juga akan dilaksanakan di Kabupaten Maluku Barat Daya pada tanggal 27 Januari 2020 dengan total peserta kurang lebih 100 orang.

Sehingga lanjut Alias, total peserta yang ikut pelatihan dari tahap 1 hingga tahap 2 sebanyak 400 orang.  “Seluruh peserta juga di daftar menjadi peserta BPJamsostek , kegiatan tidak dipungut biaya sedikit pun. Semua pembiayaan murni dari BPJamsostek yang berasal dari Program TJSL (Tanggung Jawab Sosial Lingkungan),” kata Alias.

Ia juga berharap kegiatan ini dapat diikuti dengan baik oleh anak anak Maluku mengingat kegiatan tersebut hanya Provinsi Maluku yang mendapatkan kesempatan untuk pelatihan prakerja. Peserta kegiatan pelatihan ini juga diberikan fasilitas menjadi peserta pelatihan kerja yang mana apabila terjadi resiko selama mengikuti kegiatan pelatihan seperti resiko meninggal dunia dan kecelakaan kerja maka peserta akan mendapatkan jaminan dari BPJamsostek.

“Peserta pelatihan yang telah terdaftar BPJamsostek dapat melanjutkan kepesertaannya terlebih apabila mereka sudah bekerja diperusahaan nanti, akan mengikuti 4 program yaitu Jaminan Kematian, Jaminan Hari Tua, Jaminan Kecelakaan Kerja dan Jaminan Pensiun,”pungkas Alias. (ADV)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *