BPJAMSOSTEK Maluku Beri Pelatihan Kerja 130 Orang Korban PHK

by
BPJAMSOSTEK Maluku menggelar pelatihan kerja melalui video confrence, Jumat (10/7/2020). FOTO : BPJSAMSOSTEK MALUKU

TERASMALUKU.COM,-AMBON-BPJAMSOSTEK Cabang Maluku menggelar pelatihan vokasi kerja sebanyak 130 masyarakat Maluku yang mengalami PHK atau yang berhenti kerja, Jumat (10/7/2020). Pelatihan kerja tahap pertama tersebut diikuti oleh 21 peserta di Maluku dan dilakukan secara Daring atau Online karena kondisi Pandemi Covid-19 dan dalam kondisi PSBB saat ini.

Kepala BPJAMSOSTEK Cabang Maluku Alias Muin kepada wartawan di Kantor BPJS Tenaga Kerja Cabang Maluku, Jumat (10/7/2020) mengatakan, untuk mengikut pelatihan ini harus memenuhi syarat-syarat yang ditentukan.

Kepala BPJAMSOSTEK Cabang Maluku Alias Muin

Syarat tersebut adalah masyarakat ymyanh sudah menjadi peserta BPJS Tenaga kerja minimal 1 tahun dan mengalami pemutusan hubungan kerja minimal.masa PHK 1 sampai 12 bulan. “Kemudian usia untuk mengikuti pelatihan kerja ini maksimal 40 tahun,” kata Muin

Loading...

Alias mengaku, pelatihan kerja ini baru pertama kali dilakukan di Maluku, sehingg di tahap pertama ini BPJS Tenaga Kerja membuka empat jurusan untuk pelatihan diantaranya, digital Marketing, Operator Komputer, Menjahit, dan Desain Grafis. “Untuk tahap pertama ini kuota yang terpenuhi itu pada jurusan Digital Marketing sebanyak 21 orang peserta,” katanya.

Muin mengatakan, pelatihan ini masih terbuka untuk masyarakat Maluku yang mengalami PHK atau berhenti bekerja di perusahaan untuk mengikuti pelatihan yang ada.

“Pelatihan ini dilakukan secara daring atau online, sehingga yang memenuhi syarat berkesempatan untuk mengikutinya, Yang paling penting ini gratis tidak dipungut biaya, karena seluruh biaya ditanggung oleh BPJS Tenaga kerja,” ungkap Muin.

Muin juga mengaku, pihaknya sudah membagikan informasi pelatihan ini ke perusahaan perusahaan jika ada karyawan yang di PHK atau berhenti bekerja bisa mengikuti pelatihan tersebut.

Muin berharap, dengan adanya pelatihan ini maka para pekerja yang di PHK punya keterampilan yang bisa ditingkatkan dan dapat bekerja kembali.”Atau setelah pelatihan ini mereka bisa membuka usaha baru terutama di jurusan digital marketing,” harapnya. (ALFIAN SANUSI)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *