BPJAMSOSTEK Sosialisasikan Manfaat Program ke Pemilik dan Pengusaha Kapal di PPN Ambon

by
BPJAMSOSTEK menggelar rapat evaluasi dan sosialisasi antara BPJS Ketenagakerjaan Cabang Maluku dengan Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) di Aula PPN Tantui Ambon, Kamis (23/7/2020). FOTO : ISTIMEWA

TERASMALUKU.COM,-AMBON-BPJAMSOSTEK menggelar rapat evaluasi dan sosialisasi antara BPJS Ketenagakerjaan Cabang Maluku dengan Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) yang berlangsung di Aula PPN Tantui Ambon, Kamis (23/7/2020).

Kepala Cabang BPJAMSOSTEK Maluku Alias Muin mengatakan, pihaknya telah melakukan kerjasama dengan PPN Ambon selam dua tahun ini.

Karena menurut Muin, tugas dan fungsi mereka adalah ditugaskan oleh Undang-undang untuk jaminan kecelakaan kerja, jaminan kematian, jaminan hari tua dan jaminam pensiun. “Kita punya tugas dari UU itu untuk memberikan memberikan jaminan tersebut kepada kepesertaan tenaga kerja,” kata Muin.

Loading...

Muin mencontohkan, seperti kecelakaan KM Mina Sejati tahun 2019 yang menyebabkan puluhan ABK kapal meninggal dunia, sehingga BPJS Ketenagakerjaan berkewajiban membayar bagi mereka yang telah terdaftar di kepesertaan tenaga kerja.”Setelah melalui proses pbjs tenaga kerja membayar lebih dari 3 milyar,” katanya.

Jumlah tersebut, lanjut Muin, tidak bisa membayar harga nyawa keluarga yang meninggal, namun uang tersebut bisa sangat berguna bagi ahli waris karena harus melanjutkan hidup.

“Uang itu berguna bagi ahli waris, karena bisa menghidupi anak-anak untuk melanjutkan pendidikan,” katanya.

Muin berharap, setelah mengetahui manfaat dari kepesertaan tenaga kerja, para pelaku yang memperkerjakan tenaga kerja di laut agar mendaftarkan mereka di BPJS tenaga kerja.(ALFIAN SANUSI)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *