BPJS Kesehatan Ambon Pastikan Pelayanan Lancar Dan Tidak Menunggak

by
BPJS Kesehatan Cabang Ambon memastikan semua klaim tagihan dari rumah sakit dibayar sesuai ketentuan (16/4). FOTO: Priska Birahy

TERASMALUKU.COM,-AMBON-BPJS Kesehatan menjamin pelayanan kesehatan berjalan lancar serta tidak ada tunggakan pembayaran. Semua tagihan yang jatuh tempo yang ditagihkan rumah sakit ke BPJS dipastikan lunas.

Hal itu disampiakan oleh Kepala BPJS Kesehatan Cabang Ambon Afliana Latumakulita di Kantor BPSJ Wailela, Selasa sore (16/4/2019). Kepada media dia menyampaikan setiap bulannya pihak BPJS membayar tagihan yang masuk. “Bahkan barusan saja saya tanda tangan cek pembayaran. Jadi masyarakat tidak perlu khawatir rumah sakit tidak mau layani,” ucap Afli.

Selama itu, rumor yang berkembang di masyarakat yakni soal diskriminasi pelayanan bagi pasien BPJS atau JKN-KIS. Juga soal kurang maksimal pelayanan lantaran BPJS belum melunasi tagihan ke rumah sakit. Akibatnya biaya obat, infus sampai operasional terganggu. Hal itu langsung ditepis Afli.

Tagihan klaim rumah sakit yang lolos verifikasi dan sudah jatuh tempo akan dibayarkan BPJS. Mekanismenyafirst in first out. Artinya yang pertama memasukan berkas tagihan, akan lebih dulu dilunasi klaimnya.

(kanan) Kepala BPJS Cabang Ambon Afliana Latumakulita

Selama Januari hingga April 2019 pihaknya telah melunasi tagihan rumah sakit sebesar Rp 107,791 miliar. Jumlah tersebut merupakan pembayaran kapitasi dan tagihan klaim dari 268 faskes tingkat pertama (FKTP) dan 27 faskes rujukan tingkat lanjutan (FKRTL).

loading...

“Sepanjang April 2019 tagihan klaimnya sebesar Rp 36.310.446.310,” rinci Afli. Sedangkan untuk pembayaran klaim periode Januari sebesar Rp 19 Miliar, Februari 33,5 miliar, dan Maret Rp 18 miliar.

Menurutnya jumlah pembayaran tiap bulan berbeda-beda. Itu bergantung dari pelayanan dan besar kalim yang diberikan. “Misalnya pasien di rumah sakit di Ambon beda dengan yang di Tiakur kan. Pasti lebih banyak di Ambon makanya kalimnya juga besar,” imbuh dia.

Pembayaran tagihan itu termasuk untuk membiayai jasa nakes hingga jasa operasional rumah sakit. Menurutnya kelancaran administrasi sangat berpengaruh pada mutu pelayanan. Karena itu dia memastikan jika masyarakat tidak perlu takut. Kabar soal belum ada pelunasan BPJS ke rumah sakit itu tidak benar. Dia berharap masyarakat tetap berobat sesuai rujukan dan mendapat penanganan yang maksimal. (PRISKA BIRAHY)

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *