BPJS Kesehatan Ambon Tanda Tangan Kerjasama Jamkesda Dengan Seluruh Daerah di Maluku

by
Kepala BPJS Kesehatan Ambon foto bersama para kepala daerah usai penandatangan kerjasama, Senin (18/12).

TERASMALUKU.COM,AMBON-BPJS Kesehatan Cabang Ambon melakukan Penandatanganan perjanjian Kerjasama Integrasi Jamkesda pada program jaminan kesehatan nasional antara pemerintah daerah kabupaten/kota se-Provinsi Maluku. Penandatangan nota kerjasama dilakukan  Kepala BPJS  Kesehatan Cabang Ambon Afliana Latumakulita dengan  seluruh kabupaten/kota di Maluku, yang berlangsung di Kantor BPJS Kesehatan Ambon, Senin (18/12).

Gebernur Maluku Said Assagaff  dalam sambutannya yang dibacakan  Kepala Dinas Infokom Provinsi Maluku dr. Frona Koedoeboen mengatakan, penandatangan kerjasama ini merupakan wujud nyata hadirnya pemerintah daerah dalam sebuah komitmen untuk menjamin pelayanan kesehatan yang berkualitas dan berkeadilan khusus kepada masyarakat kurang mampu.

Ia menyatakan, sesuai dengan Undang-Undang Nomor 40 tahun 2004 tentang sistim jaminan sosial nasional dan dan Undang-Undang Nomor 24 tahun 2011 tentang badan penyelenggara jaminan sosial menyebutkan,  hanya satu penyelenggara jaminan kesehatan secara nasional yakni BPJS Kesehatan.

Loading...

“Dengan demikian setiap penyelenggara jaminan kesehatan pemerintah harus berintegrasi ke BPJS Kesehatan sesuai dengan roodmap (tujuan) yang telah ditetapkan oleh pemerintah,” katanya. Ia berharap, pemerintah daerah agar rutin membayar iuran jaminan kesehatan supaya tidak terjadi tunggakan. Karena berdasarkan peraturan menteri nomor 183/PMK.07/2017, tentang iuran jaminan kesehatan, wajib dibayarkan melalui pemotongan Dana Alokasi Umum (DAU).

Sememtara itu Kepala BPJS Kesehatan Ambon Afliana Latumakulita mengungkapkan, dengan penandatanganan  kerjasama ini, maka pada awal Januari 2018 nanti sudah ada kontribusi kabupaten/kota se Maluku untuk mendata seluruh masyarakatnya agar terdaftar sebagai peserta JKN-KIS.

“Diharapkan dengan adanya kerjasama ini dapat meningkatkan lagi jumlah kepesertaan JKN-KIS yang di Provinsi Maluku, karena saat ini secara nasional Maluku masih dibawah standar peserta JKN-KIS,”katanya. (IAN)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *