BPJS Kesehatan Kabupaten SBT Gelar Forum Kemitraan

by

TERASMALUKU.COM,-AMBON- BPJS Kesehatan Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) menggelar Forum Kemitraan Pemangku Kepentingan Utama Seram Bagian Timur, Selasa (16/3/2021).

Kegiatan yang membahas mengenai monitoring dan evaluasi bidang pelayanan kesehatan ini dibuka oleh Wakil Bupati Seram Bagian Timur, Idrus Lumalutur dan dihadiri oleh Kepala BPJS Kesehatan Cabang Ambon, HS Rumondang.

“Terkait rasio rujukan di Kabupaten Seram Bagian Timur sudah cukup baik. Ada lima Puskesmas yang memiliki jaringan komunikasi data, namun ada satu Puskesmas yang rasio rujukannya masih di atas standar. Nilai rasio rujukannya sebesar 13, 56 yang mana rasio rujukan standarnya 12. Ke depannya Puskesmas tersebut akan kami undang, semoga tahun ini bisa dilakukan perbaikan. Memastikan rujukan telah sesuai dengan kriteria,” tutur Mondang.

Kadis Kesehatan SBT, Malik Ridwan M. Yusuf memberikan tanggapan positif atas kegiatan ini sebagai bentuk evaluasi terhadap kinerja Puskesmas dalam melakukan pelayanan kesehatan bagi masyarakat.

“Apa yang tadi dipaparkan menjadi catatan penting bagi kami. Sehingga saya bisa tahu kinerja Puskesmas yang masih kurang dan kelak akan menjadi perhatian ekstra. Akan kami benahi pelayanan kesehatan terkait dengan rujukan. Penting bagi kami juga untuk berkoordinasi dengan Pemda agar dapat mengevaluasi Kepala Puskesmas dan jajarannya,” tambah Malik.

Dalam kegiatan tersebut, Wakil Bupati SBT, Idrus Lumalutur juga membahas mengenai jumlah kepesertaan di wilayahnya dan mendukung upaya BPJS Kesehatan untuk meningkatkan jumlah peserta. Hal ini dilakukan agar semua masyarakat dapat mengakses fasilitas kesehatan untuk berobat.

“Pada hakikatnya Pemerintah Kabupaten pasti memberikan support terhadap BPJS karena menurut informasi yang saya dapat, jumlah kepesertaan JKN-KIS di Seram Bagian Timur baru mencapai 64%. Semoga ke depan dapat meningkat. Padahal RSUD kami mendapatkan gelar rumah sakit terbaik se-Provinsi Maluku pada tahun 2020 dari BPJS Kesehatan Cabang Ambon. Hal ini perlu dipertahankan,” kata Idrus. (ADVERTORIAL)