BPJS Kesehatan Kenalkan INSIDEN Kepada Tim JKN di Maluku

by
Kepala Bidang Penjaminan Manfaat Rujukan BPJS Kesehatan Cabang Ambon, Andi Muhammad Dahrul Muluk saat memberikan materi.

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Dinas Kesehatan Provinsi Maluku menggelar kegiatan Penguatan Sumber Daya Manusia Pelaku Pengembangan Pembiayaan Kesehatan JKN/KIS di Ambon, Jumat (5/7/2019). Peserta kegiatan adalah coder pada tim JKN di rumah sakit se Provinsi Maluku.

Salah satu narasumber pada kegiatan tersebut adalah Kepala Bidang Penjaminan Manfaat Rujukan BPJS Kesehatan Cabang Ambon, Andi Muhammad Dahrul Muluk. Materi yang disampaikan adalah terkait E-Klaim dan INSIDEN.

INSIDEN atau Integrated System of Traffic Accidents merupakan aplikasi koordinasi manfaat antara BPJS Kesehatan dan PT Jasa Raharja terkait proses penjaminan terhadap korban Kecelakaan lalu Lintas (KLL) secara elektronik. Pada 18 Juni lalu Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi menetapkan Top 99 Inovasi Pelayanan Publik, salah satunya adalah aplikasi INSIDEN ini.

Dahrul menerangkan bahwa dengan INSIDEN proses penjaminan KLL akan lebih sederhana, lebih cepat, lebih akurat, serta potensi fraud pun dapat dicegah.

“Sistem yang terintegrasi ini bertujuan untuk menyederhanakan proses penjaminan KLL yang sebelumnya manual menjadi elektronik, mempersingkat waktu pengurusan administrasi, meningkatkan akurasi verifikasi biaya yang harus dijamin oleh BPJS Kesehatan, serta mencegah potensi kecurangan dalam penjaminan biaya pelayanan KLL pada kedua instansi.” terangnya.

Kemudahan yang didapat oleh korban/keluarga korban KLL, mereka tidak perlu lagi mendatangi kantor cabang Jasa Raharja untuk mengurus administrasi penjaminan karena rumah sakit akan mengirimkan informasi korban kecelakaan lalu lintas secara elektronik untuk dilakukan kunjungan oleh petugas PT Jasa Raharja.

Pada aplikasi INSIDEN rumah sakit dapat memantau dan mendapatkan informasi atas status penjaminan secara real time dan lebih transparan dari hasil koordinasi antara BPJS Kesehatan dengan Jasa Raharja sehingga rumah sakit dapat lebih mudah dalam penagihan klaim baik kepada BPJS Kesehatan maupun kepada penjamin lain seperti Jasa Raharja, BPJS Ketenagakerjaan, Taspen, dll.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Seksi Pelayanan Rujukan Dinas Kesehatan Provinsi Maluku Sri Rohani Mony mengungkapkan bahwa kedepannya, pengurusan administrasi pelayanan kesehatan akan berbasis elektronik seperti INSIDEN, E-Klaim, dan SISRUTE, dan lainnya.

“Kedepan administrasi pelayanan kesehatan akan banyak menggunakan basis elektronik dengan berbagai macam aplikasi guna meningkatkan kinerja pelayanan dan perluasan akses serta mutu pelayanan kesehatan kepada masyarakatm,” ungkap Mony.

Ia menambahkan, tentunya keberhasilan atas penerapan sistem yang terintegrasi ini akan dapat berjalan dengan baik apabila diiringi dengan komitmen dan dukungan dari semua pihak terkait seperti Dinas Kesehatan, Fasilitas Kesehatan serta BPJS Kesehatan. (ADV)

loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *