BPJS Kesehatan Malra Gelar Gebyar Prolanis di Pantai Wisata

by
Gebyar program pengelolaan penyakit kronis (Prolanis) 2017 di Pantai Wisata Pasir Ngur Bloat Kepulauan Kei pada Jumat (19/5)

TERASMALUKU.COM,LANGGUR– BPJS Kesehatan Maluku Tenggara (Malra) mengelar gebyar program pengelolaan penyakit kronis (Prolanis) 2017 di Pantai Wisata Pasir Ngur Bloat Kepulauan Kei pada Jumat (19/5).

Gebyar ini melibatkan peserta berasal dari delapan  klub dari satu faskes DPP  dan tujuh Puskesmas dari wilayah Kabupaten Malra. Dalam gebyar prolanis ini, peserta  mengikuti berbagai permainan atau game edukatif serta mengikuti pemeriksaan kesehatan secara gratis dan juga menyimak materi tentang polah hidup sehat.

Kepala BPJS  Kesehatan Malra Wasty Patipeiluhu mengatakan, gebyar  Prolanis ini digelar  secara serentak di Indonesia tidak terkecuali di  Kabupaten Malra. Kegiatan ini menurutnya,  sesuai instruksi Presiden Nomor 1 Tahun   2017 tentang gerakan masyarakat hidup sehat.

Loading...

“Pelaksanaan gebyar Prolanis ini sangat bermanfaat bagi para pasien.  Selain kegiatan senam dan pemeriksaan kesehatan yang rutin dilakukan tiap Jumat pada tiap  klub di Puskesmas atau fasilitas kesehatan serta dokter praktek perorangan. Kegiatan ini juga untuk  mengoptimalisasi pelaksanaan Prolanis ini sendiri,” kata Wasty.

Menurutnya,  klub Prolanis sendiri telah dibentuk sejak setahun yang lalu di mulai dari faskes dokter praktek perorangan, kemudian diikuti Puskesmas lainnya di daratan Pulau Kei Kecil di Malra. Program prolanis sendiri menangani pasien diabetes melitus atau penderita penyakit gula dan pasien hipertensi atau penderita tekanan darah tinggi.

Ketua Klub Husada DPP,dr. Nona Notanubun mengatakan, keikutsertaan anggota klub Prolanis nya selain bertujuan untuk tetap menjalani hidup sehat juga  memberi ruang untuk menjalin silahturahmi sesama pasien penyakit kronis,baik antara pasien dan dokter juga sesama pasien dalam berbagi informasi kesehatan. (AS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *