BPJS Kesehatan Pantau P-Care Saat Kick Off Vaksinasi Covid-19 di Ambon

by
Kepala BPJS Kesehatan Cabang Ambon, Rumondang Pakpahan saat memantau petugas input P-Care saat kick off Vaksinasi Covid-19 di RSUP dr. Johanes Leimena Ambon, Jumat (15/1/2021). FOTO : HUMAS BPJS KESEHATAN CABANG AMBON

TERASMALUKU.COM,AMBON-Pemerintah Provinsi Maluku dan Kota Ambon melaksanakan kick off Vaksinasi Covid-19 di RSUP dr. Johanes Leimena Ambon pada hari ini, Jumat (15/1). Penerima vaksin pertama merupakan pejabat daerah, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda dan tenaga kesehatan di wilayah Provinsi Maluku dan Kota Ambon.

Dalam program vaksinasi nasional, BPJS Kesehatan turut memberi dukungan dengan menyiapkan aplikasi Primary Care Vaksinasi (P-Care Vaksinasi). Aplikasi P-Care Vaksinasi merupakan bagian terintegrasi dari Sistem Satu Data Vaksinasi Covid-19.

Loading…

Sebanyak 224 fasilitas kesehatan di wilayah Maluku sudah terintegrasi dengan P-Care Vaksinasi. Data hasil input P-Care Vaskinasi akan terintegrasi pada tabulasi dan dashboard Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC-PEN). Data hasil layanan vaksinasi tersebut diharapkan dapat membantu Pemerintah dalam upaya pengendalian Covid-19 dan menyukseskan Program Vaksinasi Nasional

“Aplikasi ini akan mendukung proses pencatatan dan pelaporan pelayanan vaksinasi di fasilitas kesehatan. BPJS Kesehatan terus berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan serta fasilitas kesehatan di seluruh kabupaten/kota se Provinsi Maluku agar saat pelaksanaan vaksinasi Covid-19 berjalan dengan lancar.” kata Kepala BPJS Kesehatan Cabang Ambon Rumondang Pakpahan saat memantau petugas input P-Care saat kick off Vaksinasi Covid-19 di RSUP dr. Johanes Leimena Ambon.

Pada kesempatan yang sama, Gubernur Maluku Murad Ismail sebagai penerima vaksin pertama di Maluku mengimbau masyarakat agar tidak terprovokasi oleh isu negatif atau hoax tentang vaksin. Ia juga meyakinkan bahwa vaksin yang diberikan aman dan halal.

“Vaksinasi ini, sangat perlu dan harus. Untuk itu, saya menghimbau kepada seluruh masyarakat Maluku, jangan percaya dengan informasi yang tidak dapat dipertanggungjawabkan atau hoax, namun mintalah informasi dari saluran-saluran resmi, yang dapat dipertanggung-jawabkan kebenarannya. Kami-kami yang diberikan vaksin pertama bermaksud untuk memberikan contoh, membuktikan kepada masyarakat bahwa vaksin ini aman dan halal, begitu pula dengan vaksin yang dipakai Bapak Presiden dan pejabat negara lainnya” ungkap Murad.

Senada dengan Gubernur, Mondang juga turut mengimbau kepada masyarakat khususnya di Provinsi Maluku untuk dapat turut serta menyukseskan Program Vaksinasi Nasional dalam upaya pengendalian Covid-19.

“Kita telah saksikan bersama, mulai dari Bapak Presiden serta Gubernur Maluku telah divaksin, dan jelas terbukti aman dan halal. Kami akan turut serta memberikan informasi kepada masyarakat agar lebih paham tentang pentingnya vaksinasi. Kami mengimbau masyarakat juga terus bergotong royong bersama mengatasi pandemi Covid-19” kata Mondang. (ADV)