BPJS Kesehatan SBT Hadirkan MCS Takwa di Masa Pandemi

by
BPJS Kesehatan SBT Hadirkan MCS Takwa di Masa Pandemi COVID-19. FOTO : HUMAS BPJS KESEHATAN

TERASMALUKU.COM,-BULA–Tahun 2020 merupakan tahun pelayanan dan kepuasan peserta. Salah satu upaya BPJS Kesehatan untuk meningkatkan pelayanan dan kepuasan peserta adalah melalui Program BPJS Kesehatan Jemput Bola atau _Mobile Customer Service_ (MCS) yaitu pelayanan dengan mobil keliling guna menjangkau masyarakat yang aksesnya jauh terhadap kantor BPJS Kesehatan.

Dimasa pandemi seperti sekarang ini, mobilitas masyarakat dalam melakukan kontak fisik harus dibatasi atau _physical distancing. Hal ini merupakan tantangan tersendiri bagi BPJS Kesehatan dalam melakukan MCS. Menjawab tantangan tersebut, BPJS Kesehatan Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) melakukan modifikasi program MCS menjadi MCS Takwa (Mobile Costumer Service_ Tambah Anggota Keluarga Via Whatsapp) yaitu pelayanan melalui aplikasi WhatsApp untuk menambah anggota keluarga peserta PPU PN (PNS/TNI/Polri).

“Program ini sudah dilaksanakan sejak awal bulan Agustus tahun 2020 di Kabupaten Seram Bagian Timur. Surat pemberitahuan program MCS Takwa disampaikan kepada instansi vertikal dan daerah di Bula tentang tata cara penambahan anggota keluarga via WhatsApp sampai dengan kartu dapat diterima,” ungkap Kepala BPJS Kesehatan Kabupaten Seram Bagian Timur Jemmy Penuel Turukay, Jumat (14/9/2020).

Loading...

Jemmy menambahkan, program MCS Takwa diperuntukkan khusus bagi peserta segmen Pekerja Penerima Upah Pegawai Negeri (PPU PN) bagi PNS/TNI/POLRI. Bagi peserta segmen lain tidak perlu khawatir karena BPJS Kesehatan telah menyediakan kanal tersendiri yaitu aplikasi e-Dabu untuk peserta segmen Pekerja Penerima Upah (PPU) swasta, kemudian aplikasi Mobile JKN dan BPJS Kesehatan Care Center 1500 400 untuk peserta segmen Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU).

Di tempat terpisah, Kepala Seksi Pencegahan dan Pengendalian PTM dan Kesehatan Jiwa Dinas Kesehatan Kabupaten SBT, Eka Baker mengungkapkan bahwa program MCS Takwa dari BPJS Kesehatan Seram Bagian Timur sangat memuaskan dan dirasa membantu sekali.

“Program MCS Takwa ini sangat membantu, apalagi di masa pandemi Covid-19. Ketika membaca surat pemberitahuannya, saya merasa pas sekali dengan kebutuhan saya, yaitu untuk mendaftarkan anak saya. Apalagi kartunya bisa diantarkan oleh pegawai BPJS Kesehatan. Semoga kualitas pelayanan BPJS Kesehatan semakin baik lagi,” ungkap Baker. (ADVERTORIAL)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *