BPJS Kesehatan Tetap Menanggung Biaya Rumah Sakit Penyakit Berbiaya Tinggi

by
Kepala Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Cabang Ambon Afliana Latumakulita memberikan penjelasan saat media Ghatring , Selasa (28/11) FOTO : DOK.(TERASMALUKU.COM)

TERASMALUKU.COM,-AMBON- Kepala Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Cabang Ambon Afliana Latumakulita mengungkapkan, masyarakat jangan takut dan khawatir terhadap beberapa penyakit yang biayanya sangat tinggi, karena penyakit tersebut tetap akan dibiayai oleh BPJS Kesehatan.

“Untuk masyarakat jangan khawatir terhadap delapan penyakit yang biayanya sangat tinggi, karena tetap akan dibiayai oleh BPJS Kesehatan,” kata Afliana kepada wartawan usai media Ghatring di Neo Kaffe Ambon, Selasa (28/11).

Afliana menyatakan, selama belum ada regulasi yang mengatur penyakit tersebut tidak dibiayai, maka BPJS Kesehatan tetap menanggung 100 persen biaya penyakit tersebut.”Kalau belum ada regulasi yang mengatur, maka kita tetap menanggung seluruh biaya tersebut,” ujarnya.

Ia juga mengungkapkan, kepada masyarakat Kota Ambon jangan gelisah karena kartu BPJS Kesehatan yang berwarna kuning itu tidak bisa terlayani lagi, karena hal itu tidak benar, sebab semua kartu yang yang dikeluarkan dari BPJS Kesehatan tetap bisa terlayani di rumah sakit.

“Kalau kartu kuning yang belum sempat terganti dan tidak dilayani di rumah sakit dan Puskesmas itu tidak benar, karena kartu tersebut masih tetap bisa digunakan, namun kami ingin masyarakat mengganti kartu tersebut. Hal ini dilakukan agar dapat mengupdate data-data kepesertaan yang ada,” terangnya.

Ia juga berharap, agar aplikasi BPJS Kesehatan dapat dipakai oleh seluruh masyarakat Maluku khususnya Kota Ambon yang memaki android, hal ini untuk memudahkan masyarakat dalam menyampaikan keluahan dan mempermudah masyarakat tanpa harus mengantri dan datang di Kantor BPJS Kesehatan lagi. (IAN)