BPN Kabupaten Buton Menargetkan Sertifikasi Lahan PTSL 1.500 bidang

by
Ilustrasi - Menteri ATR/BPN, Sofyan Djalil saat menyerahkan sertifikat aset Pemerintah Sulawesi Tenggara yang ada di Kabupaten Kolaka Timur, pada September 2020 lalu.

TERASMALUKU.COM, BUTON,– Badan Pertahanan Nasional (BPN) Kabupaten Buton Provinsi Sulawesi Tenggara menargetkan sertifikasi lahan melalui program redistribusi sertifikat  tanah masyarakat, program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) di tahun ini sebanyak 1.500 bidang.

Kepala Kantor BPN Buton, Tageli Lase melalui pesan berantai, Jumat mengatakan, redistribusi lahan pada tahun ini ditargetkan sebanyak 1.500 bidang, jumlah ini sama dengan target tahun lalu dan  difokuskan untuk kawasan perkebunan, tanah yang telah turun status, dari yang sebelumnya adalah kawasan hutan.

“Redistribusi yang pertama ini kita lakukan di Desa Bungi dan Mantowu. Kita garap dulu satu-satu, karena harus sistematis dan lengkap seperti halnya PTSL,” ujaranya.

Lanjut Tageli tahun ini di Buton akan dicanangkan program sertifikat lintas sektor. Progam ini merupakan sertifikasi lahan yang melibatkan dinas terkait. Untuk tahun lanjutnya untuk program UMKM yang bekerjasama dengan Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Kabupaten Buton yang ditargetkan 250 bidang.

“Itu targetnya 250 bidang tapi sampai sekarang kita belum menententukan lokasinya, kita masih menunggu usulan dari Dinas Koperasi dan UMKM setempat,”  tambahnya.

Sebelumnya, tahun ini BPN Buton juga melakukan pemetaan 3.750 bidang tanah dan menargetkan 2.540 hak atas tanah untuk PTSL yang dipusatkan di kecamatan Siontapina.

Pewarta : Abdul Azis Senong
Editor : Hernawan Wahyudono