BPOM Ambon Sampling Takjil di 4 Pusat Penjualan

by
Petugas BPOM Ambon mencatat sampling takjil di pusat jajajan ramadan Batumerah sore, (28/4). Foto: Priska Birahy

TERASMALUKU.COM,AMBON, – Balai Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Ambon melakukan sampling sejumlah pangana takjil di empat (4) titik di Kota Ambon pada Selasa sore (28/4/2020).

Kegiatan ini merupakan bagin dari intensifikasi pengawasan pangan olahan di sarana distribusi pangan Kota Ambon. Lokasi penjualan takjil yang jadi target sampling yakni pusat penjualan takjil di depan Masjid Al-Fatah, Batumerah, Kebun Cengkeh dan Waiheru.

“Intensifikasi pengawasan pangan akan dilakukan selama bulan ramadhan. Yang menjadi fokus pengawasan adalah pangan olahan yang kadaluarsa, pangan rusak dan kemasan rusak,” jelas Kepala BPOM Ambon, Heriani usai pengambilan sampel sejumlah makanan di pusat jajanan Batumerah.

 

Pengawasan takjil di Kota Ambon itu dilakukan untuk pengambilan sampling dan uji laboratorium. Selama bulan Ramadan penjualan makanan wajib ada pengawasan. Yakni untuk memastikan masyarakat mengkonsumsi makanan yang sehat dan layak.

Loading...

Semisal adanya kecurigaan penggunaan pewarna non-makanan, penjualan makanan kedaluwarsa atau yang tak layak. “Pengujian dilakukan dengan tujuan mengidentifikasi  dan memastikan takjil tidak mmengandung bahan berbahaya atau bebas dari bahan berbahaya serta pengujian mikrobiologi untuk takjil tertentu,” tambah Heriani.

Nantinya dari hasil uji lab baru akan ketahuan kandungan-kandungan yang dicurigai ada dalam produk pangan. Hal yang sama juga akan diterapkan ke kota kabupaten lain. Untuk pengawasan lebih lanjut di tingkat kota dan kabupaten Heriani menyebut akan bersinergi  dengan stakeholder untuk dapat melaksanakan pengawasan yang sama.

“Untuk menyamakan persepsi dan meningkatkan kemampuan uji khusus takjil maka dalam waktu dekat akan dilakukan bimtek online dengan peserta dari dinas kesehatan dan dinas perindag kab dan kota,” terangnya. (PRISKA BIRAHY)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *