BPOM Ingatkan Penjual Takjil Tetap Jaga Kebersihan Makanan

by
BPOM Kota Ambon minta penjual jajanan berbuka puasa perhatikan kebersihan makanan, (19/4/2021). FOTO: Priska Birahy

TERASMALUKU.COM,AMBON, – Kepala Balai POM Kota Ambon ingatkan penjual takjil jaga kebersihan jualan. BPOM kembali melakukan pengawasan jajanan buka puasa di Kota Ambon. Kali ini sasarannya yakni pusat kuliner di depan Masjid Agung Al-Fatah Ambon. Ragam jajanan yang dijual di situ.

Kepala BPOM Kota Ambon, Hariani menyatakan dalam pegawasan itu pihaknya memastikan keamanan makanan yang dijual. Yakni ada tidaknya kandungan berbahaya, penggunaan zat pewarna hingga soal kebersihan.

“Katong pastikan makanan itu ada bahan berbahaya atau zat perwarna atau tidak. Zat pewarna yang kalau dipakai berlebihan itu juga tidak baik,” jelas Heriani saat melakukan sidak jajanan.

Dari pengawasan di sejumlah titik, umumnya makanan yang dijual bebas dari bahan pun zat pewarna berlebih. Hariani mengaku para penjual sudah sangat paham dan teredukasi perihal penggunaan bahan-bahan aman dimakanan.

Hanya yang masih kurang adalah soal kebersihan. Ini berkaitan dengan pemilihan bahan, pengolahan hingga penyajian. “Ada yang ambil kue pakai tangan atau pakai plastik tapi juga barusan dia pegang uang. Nah ini yang terlihat. Katong jua seng tahu saat pembuatan pakai air seperti apa,” jelas dia.

Dalam sidak jajanan tersebut dia kembali mengingatkan agar para penjual mengutamakan kebersihan. Mulai dari bahan yang digunakan hingga penyajian. Seperti menggunakan sarung tangan, menutup jualan dengan plastik dan sebagainya.

“Hasil uji lab rata-rata aman tidak ada temuan kandungan bahaya. Hanya soal higienitas, kebersihan harus diperhatikkan,” tegasnya. (PRISKA BIRAHY)