BPOM RI Perangi Rokok Pada Generasi Muda  

by
Wakil Gubernur Maluku Zeth Sahuburua didampingi Kepala BPOM RI Penny K Lukito membuka kampanye anti rokok bagi generasi muda di Kota Ambon, Selasa (9/8). FOTO : HUMAS PEMPROV MALUKU

AMBON,TERASMALUKU.COM-BADAN Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) RI bukan hanya mengawasi obat dan makanan saja, melainkan mempunyai komitmen untuk menjadikan generasi muda Indonesia sehat dan terbebas dari bahaya rokok. “Ini juga bagian dari fungsi BPOM, sehingga kita punya komitmen bahwa kualitas dari generasi yang akan datang itu harus sehat dan terbebas dari bahaya rokok,” kata Kepala BPOM RI Penny Kusumastuti Lukito usai pembukaan Kampanye Anti Rokok di Natsepa Hotel Ambon, Selasa (9/5).

Kegiatan ini dibuka Wakil Gubernur Maluku Zeth Sahuburua, dengan peserta dari siswa SMP, SMA dan lintas sektor terkait lainnya. Penny  menyatakan, untuk menjadikan generasi muda yang sehat, BPOM mempunyai tugas untuk melakukan pengawasan serta monitoring sebelum produk rokok itu beredar dan di konsumsi.

Loading…

“Kita akan mengawasi sebelum produk rokok itu beredar terutama terkait dengan label dan iklan, sebab hal itu yang sangat menarik generasi muda untuk merokok,” katanya. Kedepan, kata dia, BPOM akan terus meningkatkan pengawasan pada produk rokok dan masih banyak standar-standar yang harus diperbaiki, sehingga BPOM lebih bisa mengawasi produk rokok yang akan diedarkan untuk masyarakat.

Selain itu, Penny juga  mengatakan, dengan adanya Peraturan Presiden RI yang baru terkait dengan organisasi BPOM, pihaknya juga akan membangun Balai POM sampai ke kota dan kabupaten. “Kita akan bentuk Balai POM di kota dan kabupaten Indonesia. Dan Kepulauan Maluku ini merupakan prioritas kami karena ada banyak pulau-pulau kecil di daerah perbatasan, namun belum bisa menentukan waktunya kapan karena banyak sekali kabupaten di Indonesia,” tandasnya. (IAN)