Brankas Kantor Bappeda Buru Dibobol Maling, Uang Rp 30 Juta Dan Benda Berharga Raib

by
Aparat Polres Pulau Buru melakukan identifikasi ruangan Bendahara Bappeda Buru yang dibobol pencuri, Rabu (4/3/2020). FOTO : ISTIMEWA

TERASMALUKU.COM,-NAMLEA-Satu buah brankas berisi uang senilai Rp 30 juta dan sejumlah dokumen dibobol maling di ruang kerja Bendahara Kantor Bappeda Kabupaten Buru, pada Rabu (4/3/2020). Pencuri juga mengambil dua buah laptop yang tersimpan dalam ruang kerja.

Aparat Polres Pulau Buru melakukan identifikasi ruangan Bendahara Bappeda Buru yang dibobol pencuri, Rabu (4/3/2020).

Kasubbag Humas Polres Pulau Buru, Ipda Zulkifli Asri menjelaskan, berdasarkan informasi dari Bendahara Kantor Bappeda, Sukmawati Asri, brankas yang dibawa kabur maling itu berisi uang Rp 30 juta lebih. Pencuri juga mengambil BPKB mobil dinas, buku tabungan serta buku cek rekening kantor, serta dua laptop dan HP Samsung J2.

“Berdasarkan informasi yang kami kumpulkan, kasus pencurian ini pertama kali diketahui pegawai honorer bersama Rauf Samak pada  pukul 05.30 WIT, saat ia membuka kantor dan hendak bersih-bersih kantor, ternyata pintu pagar,  pintu utama kantor dan ruangan kerja bendahara sudah terbuka,” kata Zulkifli.

Ia mengatakan, awalnya Rauf tidak menaruh curiga ruangan bendahara itu dibobol maling.  Rauf mengira  bendahara Bappeda datang lebih pagi, sehingga ia langsung menuju ruangan tersebut. Namun saat tiba di ruang kerja bendahara Bappeda, ia tidak menemukan Sukmawati Asri, dan brankas juga tidak terlihat di ruangan tersebut. Rauf pun langsung pergi ke rumah Sukmawati Asri untuk mengabarkan hal tersebut.

“Setelah itu, keduanya mendatangi Kantor Bappeda dan menemukan ruang kerjanya ada yang membuka paksa dan menggondol brankas, serta laptop dan hp,” ungkap Zulkifli.

Sukmawati Asri kemudian melaporkan peristiwa ini ke Polres Pulau Buru. Aparat kepolisian langsung diterjunkan ke TKP untuk melakukan penyelidikan dan penyidikan. “Kepolisian sudah ke TKP, dan menggelar olah TKP. Kasusnya dalam penyelidikan ,” kata Zulkifli.(ILA)