Bripka Bastian, Anggota Polsek Namrole Raih Polisi Teladan se Indonesia

by
Kapolri Jenderal Mohammad Tito Karnavian memberikan penghargaan kepada Bripka Bastian Tuhuteru sebagai anggota Polisi Teladan Tingkat Nasional 2019 di Jakarta, Rabu (12/6/2019). FOTO : ISTIMEWA

TERASMALUKU.COM,- Anggota Polsek Namrole, Polres Buru, Bripka Bastian Tuhuteru meraih penghargaan sebagai Polisi Teladan Tingkat Nasional Peringkat I dari Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Muhammad Tito Karnavian. Penghargaan diberikan langsung Kapolri kepada Bastian dalam acara Musrenbang Polri di Jakarta, Rabu (12/6/2019).

Bripka Bastian Tuhuteru, peraih Polisi Teladan Nasional 2019

Dalam seleksi polisi teladan tingkat nasional 2019, Bripka Bastian mengungguli perwakilan dari Polda Jawa Tengah, Polda Daerah Istimewa Yogyakarta, Polda Kalimantan Timur (Kaltim) dan Polda Nusa Tenggara Timur.

Tugas mulianya kepada masyarakat di Kabupaten Buru Selatan (Bursel) menghantarkan Bastian, yang bertugas di Unit Satuan Bina Masyarakat Polsek Namrole ini meraih Polisi Teladan dari Kapolri. Selain menjalankan tugasnya selaku anggota Polri, Bastian juga melakukan kegiatan pemberdayaan kepada masyarakat.

Diantaranya pelatihan Pramuka kepada para pelajar SD dan SMP di Kecamatan Namrole, menjadi Guru Sekolah Minggu, serta menjadi guru untuk mengajar siswa-siswi SD di Dusun Walafau Desa Wamkana Kecamatan Namrole, Kabupaten Bursel.

SD di Dusun Walafau merupakan daerah terpencil di Kabupaten Bursel. Namun dengan kegigihannya mengajarkan, anak-anak di dusun ini bisa membaca dan tulis.

loading...

Atas dedikasi dan pengabdian tersebut, Bastian pada 18 Maret 2019 mendapat penghargaan dari Kapolda Maluku Irjen Pol Royke Lumowa. Bastian kemudian mewakili Polda Maluku pada seleksi Polisi Teladan Tingkat nasional di Jakarta. Ia  bersaing dengan 68 Personil Polri perwakilan Polda seluruh Indonesia.

Pelayanan dan pengabdian tanpa batas itulah yang menyebabkan Bastian berhasil meraih peringkat pertama sebagai Polisi Teladan se Indonesia dan mendapat penghargaan dari Kapolri.

Bripka Bastian Tuhuteru bersama Kapolda Maluku usai meraih penghargaan sebagai Polisi Teladan Tingkat Nasional 2019 dari Kapolri di Jakarta, Rabu (12/6/2019). FOTO : ISTIMEWA

Pemberiaan penghargaan disaksikan langsung Kapolda Maluku, Irjen Pol Royke Lumowa, Kapolda se Indonesia serta pejabat tinggi Polri lainnya. Tidak hanya mendapatkan penghargaan dari Kapolri sebagai Polisi Teladan, Bastian juga mendapat bantuan uang tunai sebesar Rp 100 juta.

Kapolda Royke ikut banggga atas prestasi tersebut. Kapolda berharap prestasi tersebut menjadi motivasi bagi anggota Polda Maluku lainnya untuk lebih mengembangkan diri tanpa pamri. Karena menurut Kapolda, meski berada di Maluku namun anggota Polda Maluku mampu bersaing dengan Polda-Polda lainnya.

Sebelumnya pada tahun 2017 Brigadir Artur Hurulean dari Polres Maluku Tenggara juga berprestasi sehingga diundang bertemu dan makan bersama Presiden Jokowi di Istana Negara.(ALFIAN)

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *