Buaya Kembali Muncul Di Gorong-Gorong Samping Amplaz

by
Buaya muncul lagi di gorong-gorong samping Amplaz, Rabu (13/2/2019) sekitar pukul 15.00 WIT dan mengejutkan warga sekitar. FOTO: BKSDA Maluku

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Para penjual, pejalan kaki dan warga di sekitar Ambon Plaza (Amplaz) dikejutkan dengan kemunculan seeokor buaya dari dalam gorong-gorong, Rabu (13/2/2019) siang. Buaya itu muncul pada saluran air di samping pusat perbelanjaan yang terbuka.

Berdasarkan foto yang diperoleh dari chat group BKSDA Maluku terlihat kepala dan sebagian badan buaya di dalam got. Warga yang melihat dan mengabadikan foto sempat kaget atas peristiwa itu.

Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Maluku, Mukhtar Amin Ahmadi membenarkan kemunculan buaya itu. Namun menurut Amin, hal itu wajar terjadi mengingat buaya-buaya yang sempat muncul di Pelabuhan Yos Sudarso Ambon itu belum berhasil ditangkap. “Buaya itu kalau lihat manusia atau ada yang mendekat dia lari lagi masuk ke dalam gorong-gorong,” jelas Amin.

Pihaknya pun menyatakan, ukuran panjang buaya itu diperkirakan sekitar 1 meter dan tergolong kecil. Ukuran itu lanjut dia tidak membahayakan manusia. Sebelumnya Amin sempat memberi pernyataan terkait buaya-buaya yang ditemukan warga di dalam saluran air sekitar pelabuhan.

Menurutunya gorong-gorong menjadi lokasi hidup sementara buaya. Mereka tidak bisa keluar begitu saja, sebab situasi sangat ramai. Hanya sesekali buaya menampakan diri untuk berjemur.

Dan lagi, lokasi got ataupun saluran air di area Pelabuhan Yos Sudarso Ambon dan pantai pasar adalah sumber makanan bagi mereka. Seperti sisa potongan ikan segar dan daging dari pasar yang masuk ke got. Atau tikus dan kucing. “Kami terus upayakan translokasi ke habitatnya yang aman dari manusia,” terang dia.

Untuk bisa memindahkan buaya tersebut, menurut Amin pihaknya harus menunggu hingga situasi sepi. Sebab akan sulit memancingnya keluar jika ramai dipadati orang. Hasil pencarian pun tidak efektif. Amin berharap masyarakat tidak terlalu panik jika melihat buaya tersebut muncul kembali. (PRISKA BIRAHY)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *