Buka MMF, Wagub : Maluku Harus Dibangun Lewat Seni Dan Budaya

by
Wakil Gubernur Maluku Barnabas Orno menggores tinta di kertas saat membuka Maluku Mural Festival (MMF) di Pattimura Park Ambon Rabu, (9/5/2019). FOTO : NAIR FUAD

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Wakil Gubernur Maluku Barnabas Orno membuka Maluku Mural Festival (MMF) yang berlangsung di Pattimura Park Ambon Rabu, (9/5/2019). Orno mengatakan, sudah saatnya membangun Maluku harus lewat Senin Dan Budaya.

Karena menurutnya hal tersebut merupakan akar budaya masyarakat Maluku. “Kearifan lokal harus dijaga sehingga yang muda dapat menghargai orang tua dan yang lebih muda menghargai yang kakak,”tandas Orno.

Mantan Bupati Maluku Barat Daya (MBD) dua periode ini mengungkapkan, sebagai orang basudara di Maluku, hidup harus saling pengertian satu dengan yang lain. Agar bisa menjadikan Pela dan Gandong sebagai Rumah Besar Orang Maluku berarti.

Tujuan kegitan ini menurut Orno lebih menggandung maksud yang lebih luas. Kegiatan ini merupakan program Biro Hukum Setda Provmal. MMF kali ini bertemakan HAM. Menurut Orno, menyebarluaskan informasi HAM juga merupakan salah satu melalui sisi seni dan budaya. Dan belum banyak daerah di Indonesia melakukan seperti ini.

“Makanya kita apresiasi Maluku Mural Festival ini. Karena tanpa sadar telah menyebar informasi HAM tersebut lewat seni dan budaya,”kata Orno.

Orno mengatakan, Pemerintah Provinsi Maluku sangat mendorong dan mengapresiasi MMF. MMF dikuti oleh Komunitas Seni Perupa dan Komunitas Kans Alifuru di Kota Ambon. (NAIR FUAD)