Buka MTQ, Bupati SBB Harap Umat Islam Menjiwai Alquran Sebagai Pedoman Hidup

by
Bupati SBB melantik dewan hakim saat membuka MTQ Tingkat Kabupaten SBB di Negeri Luhu, Jumat (25/1/2019). FOTO : FADLI (TERASMALUKU.COM)

TERASMALUKU.COM,-PIRU-Bupati  Seram Bagian Barat (SBB)  M. Yasin Payapo membuka  pelaksanaan Musbaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke VIII  tingkat kabupaten di  Desa Luhu Kecamatan Huamual,  Jumat (25/1/2019) malam.

Dalam sambutannya Bupati SBB  M.Yasin Payapo mengatakan  MTQ  merupakan kegiatan yang sudah menjadi tradisi dan  melekat dalam kultur masyarakat Indonesia. “Even keagamaan ini menjadi  media dakwah dan syiar keagamaan yang efektif dan juga secara nyata telah terbukti mampu untuk manjadi  daya dorong yang maksimal  dalam mendorong  percepatan pembangunan di daerah lebih khusus pembangunan manusia Indonesia sepenuhnya,” kata Bupati.

Selain  itu lanjut Bupati, pelaksanaan MTQ ke 2019 ini memiliki nilai tersendiri sebagai penyejuk dan perekat persatuan dalam kebhinekaan masyarakat Kabupaten SBB. Dimana lantunan Kalam Illahi akan terus menggema selama pelaksanaan MTQ di dataran Huamual dan akan tersebar dipelosok SBB.

Sehingga dengan begitu Bupati yakini mampu menciptakan nuansa religius dan menghadirkan suasana yang berkah, rahmat, kesejukan lahiryah dan batiniah bagi Umat Muslim dan seluruh masyarakat Kabupaten SBB. “Sekaligus MTQ ini juga  menjadi momentum silaturahmi yang mengandung nilai-nilai positif dalam memperkuat rekatan persaudaraan serta ikatan kebersamaan lintas etnis, umat beragama, dan sesame warga masyarakat,” kata Bupati.

Bupati berharap MTQ Tingkat Kabupaten SBB ini  mampu memacu rasa kecintaan dan kerinduan Umat Islam untuk senantiasa mempelajari dan memahami serta menjiwai Alquran sebagai petunjuk dan pedoman dalam kehidupan di muka bumi. MTQ juga menurut Bupati menjadi tolak ukur bagi dinamika pembinaan seni Baca Alquran di wilayah Kabupaten SBB.

“Oleh karena itu forum-forum kajian Alquran perlu ditingkatkan dan dikembangkan di lingkungan masyarakat Muslim, agar dapat membawah perubahan dalam mewarnai pelaksanaan pembangunan dan pembinaan kemasyarakatan yaitu mewujudkan masyarakat Kabupaten SBB yang berbudi pekerti luhur, aman, sejahtera, adil dan bermartabat,” kata Bupati.

Pembukaan MTQ ini juga dihadiri Ketua DPRD SBB J.M.Ratasouw, Sekda SBB Mansur Tuharea, para anggota DPRD SBB, Kepala Kemenag SBB La Fatah, pimpinan OPD, para Camat dan Kepala Desa  se Kabupaten SBB. (FADLI)

loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *